Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Kesalahan Saat Menyisir Rambut Mempercepat Kebotakan

Aktivitas menyisir rambut, tentu menjadi hal wajib yang biasa dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. Anda pasti terbiasa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan rambut yang rapi, tidak kusut, dan tentunya untuk membentuk tatanan rambut.

Namun sadarkah Anda, ternyata cara kita menyisir juga memiliki andil pada kesehatan rambut. Alih-alih menyisir rambut secara teratur agar rambut rapi malah dapat membuatnya menjadi rusak. Oleh karena itu untuk menghindarinya, mari simak lima kesalahan saat menyisir yang dapat membuat rambut rusak:

Via Liputan6.com

  1. Menyisir rambut saat masih basah

Rambut yang masih basah lebih rentan mengalami kerontokan. Hal ini disebabkan karena ketika rambut basah, akan mengalami gesekan yang lebih kuat dengan sisir sehingga mudah patah. Selain itu rambut yang basah juga mengalami penarikan hingga 50 persen lebih kuat, berbeda dengan rambut yang masih kering hanya mengalami penarikan sebesar 20 hingga 30 persen saja.

  1. Menyisir rambut dari bagian akar hingga ujung rambut

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam menyisir rambut adalah menyisirnya dari akar ke ujung rambut. Metode menyisir seperti itu dapat mengakibatkan rambut tertarik dari akarnya sehingga akan menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyisir rambut dengan cara bertahap. Mulailah dari beberapa cm di atas ujung rambut untuk menguraikan rambut yang kusut. Kemudian naik beberapa cm lagi hingga akhirnya sampai ke bagian akar rambut.

      3.Terlalu sering menyisir rambut

Dalam sehari berapa kali biasanya Anda menyisir rambut?

Jika aktivitas yang satu ini sering Anda lakukan, rupanya dapat membuat rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Idealnya, kualitas cara menyisir rambut lebih penting ketimbang intensitas menyisir rambut perharinya.

  1. Menggunakan sisir yang kotor

Sisir rambut adalah salah satu item yang akrab dengan keseharian perempuan. Dalam sehari setidaknya pasti Anda menggunakannya beberapa kali, tak heran kotoran dan sisa rambut pasti menempel di permukaan sisir. Nah jika kondisi tersebut Anda biarkan, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Karena bisa saja saat Anda kembali menggunakan sisir tersebut, kotoran yang menempel di sisir akan menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit kepala. Oleh karena itu penting untuk rutin membersihkan sisir Anda.

  1. Jangan menyisir rambut yang kusut dengan sisir sikat atau paddle brush

Saat rambut Anda sedang dalam keadaan kusut baik itu kering atau pun basah, jangan sekali-kali menggunakan sisir sikat untuk menyisir rambut kusut Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top