Marketing.co.id – Berita Financial Service | Masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru pada berbagai industri, karena banyak sekali perubahan dan penyesuaian yang harus dilakukan. Industri asuransi juga mengalami tantangan tersebut. Salah satu tantangannya bagaimana pelaku industri asuransi tetap dapat memberikan perlindungan dan layanan asuransi terbaik, yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia.
Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia menjelaskan, masa pandemi mempercepat perubahan banyak hal, seperti perilaku konsumen yang mementingkan experience dan peningkatan penggunaan teknologi digital.
“Di sisi industri asuransi, meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan tingginya tingkat adaptasi penggunaan platform digital, menjadikan para pelaku industri asuransi harus semakin memahami apa yang menjadi kebutuhan nasabahnya, berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, kemudian juga terbuka terhadap perkembangan teknologi dan platform digital,” kata Poltak saat Virtual Media Discussion dengan tema “How Insurance & Media Face COVID-19 Challenges”.
Baca juga: Ekonomi Syariah, Solusi Bagi Ekonomi Indonesia di Tengah Pandemi
Beberapa studi menunjukan korelasi antara pandemi, kepedulian pada kesehatan, dan minat pada asuransi. Studi KANTAR Indonesia Integrated Covid-19 menunjukan, bahwa sebanyak 25% responden mengkhawatirkan kondisi kesehatan mereka di tengah-tengah Pandemi Covid-19 ini. Studi lainnya yakni The Nielsen ‘COVID-19: Where Consumers are heading (Impact of COVID-19 on Indonesia consumer)’, ditemukan hasil bahwa 35% dari konsumen Indonesia tertarik untuk lebih memerhatikan kesehatan mereka dan berinvestasi pada pembelian asuransi kesehatan.
Sementara MarkPlus Inc. pada acara Industry Roundtable di bulan Maret 2020, menunjukkan, bahwa 9 dari 10 nasabah asuransi mencari informasi, terutama mengenai apakah polis asuransinya memberikan perlindungan terhadap Covid-19. Beberapa hasil studi ini tentu saja menjadi peluang bagi para pelaku industri asuransi untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.
Menyikapi kondisi pandemi. Allianz Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif yang mengutamakan customer experience (perlindungan khusus terkait Covid-19, konsultasi kondisi kesehatan online, dan layanan digital melalui portal nasabah Allianz eAZy Connect), distributor experience (proses penjualan dengan tatap muka digital yang dilengkapi dengan digital sales tools Allianz), serta employee experience (penyediaan health kit dan suplemen untuk karyawan dan Employee Assistance Program, layanan konsultasi pribadi untuk karyawan dengan psikolog profesional).
Baca juga: Inovasi 3 Indonesia untuk Meningkatkan Customer Experience
Allianz Indonesia berharap, ke depan kesadaran masyarakat akan pentingya perlindungan asuransi meningkat didorong oleh membaiknya perekonomian sebagai dampak dari distribusi vaksin Covid-19.
“Allianz Indonesia akan senantiasa melakukan akselerasi digital untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah kami, serta terus memberikan edukasi mengenai pentingnya proteksi asuransi. Hal ini sejalan dengan strategi kami untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.” kata Karin Zulkarnaen Direktur Allianz Life Indonesia.
Pentingnya edukasi kepada masyarakat juga disampaikan dari sisi media. Salah satu tantangan yang dihadapi media di masa pandemi adalah memberikan informasi yang akurat dan terpercaya, salah satunya adalah informasi terkait Covid-19 sambil tetap melakukan berbagai upaya kreatif untuk mempertahankan kinerja bisnis.
“Masa pandemi ini memberikan tantangan kepada media untuk selalu menyediakan fakta dan menjaga kredibilitas dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Di tengah optimisme situasi yang akan semakin membaik, media tetap berupaya menjadi sumber terpercaya yang dapat mendukung upaya perluasan jangkauan edukasi untuk masyarakat,” Alfito Deannova Gintings Pemimpin Redaksi Detik.com.
Dalam kesempatan ini, para pembicara webinar yang juga merupakan dewan juri dari Allianz Journalist Writing Competition 2020 mengumumkan 20 rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik dan berita foto terbaik dalam kompetisi ini. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.
Allianz Indonesia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang baik dengan media massa yang telah terjalin selama ini. Pemberitaan dan informasi yang diterbitkan mengenai perlindungan dan layanan asuransi, diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis