Portal Lengkap Dunia Marketing

XX Excellent Service

Kepuasan Pelanggan: Inilah Dealer Paling Memuaskan Pelanggan

Marketing.co.idCustomer satisfaction atau kepuasan pelanggan merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Untuk itu, pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan tentu saja lebih efektif.

Namun, siapakah yang menempati urutan teratas terkait kepuasan pelanggan dalam industri otomotif?

Menurut data terbaru yang diluncurkan oleh JD Power Asia Pasific 2012 tentang Indonesia  Sales Satisfaction Index (SSI) menunjukkan bahwa Daihatsu menempati peringkat tertinggi dalam penjualan kendaraan baru dan kepuasan layanan pengiriman.

Studi ini mengukur tujuh faktor yang menentukan kepuasan pelanggan dihubungkan dengan pengalaman saat membeli kendaraan baru.

Ketujuh faktor tersebut meliputi: proses pengiriman, saat pengiriman, kesepakatan yang diperoleh, fasilitas dealer, tenaga pemasaran, penanganan dokumen, dan proses penjualan.

Kinerja SSI ini dilaporkan dalam skor indeks berskala 1000 poin. Hasilnya, secara keseluruhan Daihatsu menempati posisi teratas dalam hal kepuasan pelanggan dengan skor 780.

Kinerja Daihatsu sangat baik di ketujuh faktor utama. Sementara Honda harus puas diperingkat kedua dengan skor 776, dengan kinerja terbaik pada faktor proses pengiriman.

Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan nilai rata-rata kepuasan penjualan mencapai 773 di tahun 2012. Naik satu poin dibandingkan tahun lalu.

Sayangnya, pembeli kendaraan masih kurang puas dengan proses pengiriman dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan kendaraan baru mereka.

Studi SSI Indonesia tahun 2012 ini disusun berdasarkan jawaban dari 2.805 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka pada periode antara Oktober 2011 sampai Juni 2012. Studi ini dikumpulkan dan di olah antara April dan Agustus 2012.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top