Kepercayaan Konsumen Indonesia Tertinggi di Dunia

kepercayaan konsumen

Marketing.co.id – Indonesia terbukti menjadi salah satu target paling menggiurkan di pentas bisnis dunia. Menurut hasil survei yang dirilis oleh The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions pada awal Mei lalu, Indonesia berada di urutan teratas dalam daftar sepuluh negara dengan tingkat optimisme ekonomi tertinggi di dunia.

Dengan indeks kepercayaan konsumen mencapai 122 poin, Indonesia mengalahkan rata-rata Asia yang indeksnya mencapai 103 poin. Bahkan, berada jauh di atas rata-rata dunia yang ‘hanya’ sebesar 93 poin!

Menurut lembaga riset tersebut, hal ini didorong oleh optimisme Indonesia menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden di tahun 2014 serta naiknya upah minimum karyawan. Karena kuatnya kondisi domestik ini, konsumen Indonesia menjadi semakin loyal dalam berbelanja. Bahkan, timbul tren berbelanja merek-merek premium.

Setelah Indonesia, India menempel di posisi kedua dengan indeks kepuasan konsumen sebesar 120 poin, diikuti Filipina 118 poin, Thailand 116 poin, dan Brazil 111 poin. Lima negara lain yang masuk sepuluh besar adalah Arab Saudi, Cina, dan Hongkong dengan 108 poin, lalu Malaysia dan Norwegia dengan 106 poin.

Menurut Indira Abidin Managing Director perusahaan konsultan kehumasan PT Fortune Pramana Rancang (Fortune PR), Indonesia masuk ke dalam kategori yang sama dengan Cina, India, Malaysia, Filipina, Pakistan, Thailand, dan Vietnam yang dijuluki Fast-Track Asia.

“Kategori ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat, sangat siap untuk mengadopsi teknologi, dan belanja iklannya diprediksi akan tumbuh sekitar 10-11 persen per tahun mulai tahun ini sampai tahun 2015 mendatang,” papar Indira.

Sumber Photo: hkn2013.com

//

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.