Marketing.co.id – Berita Marketing | Perempuan menjadi pemimpin nampaknya kini bukan hanya menjadi jargon semata. Insight dari Grant Thornton “Women in Business 2021” menunjukkan bahwa secara global jumlah wanita yang memegang posisi manajemen senior di perusahaan telah meningkat sebesar 31%.
Di Indonesia sendiri, terdapat peningkatan jumlah perempuan yang menduduki jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) menjadi sebesar 25% dibanding hasil survei tahun sebelumnya sebesar 20%. Pengaruh positif ini diharapkan masih akan terus berkembang demi menciptakan kesetaraan gender dalam dunia industri dan karir.
“Berawal dari membentuk komunitas kemudian peran saya fokus untuk membesarkan perusahaan yang menjadi rumah dari ragam suku hingga gender. Saya rasa pria maupun wanita di sini juga memiliki tipe masing-masing, ada yang ambisius dan ada yang tidak. Itu melengkapi semua keragaman,” tutur Hanifa Ambadar, CEO Female Daily saat bincang-bincang di acara Wealth Wisdom, Rabu (4/10).
Baca juga: Unilever Indonesia Dorong Pemimpin Perempuan Mampu Membawa Perubahan
Di Indonesia, kepemimpinan perempuan kini perlahan diakui di berbagai sektor. Mulai dari
jajaran menteri, pemimpin perusahaan, hingga berbagai peran lainnya kian mendapatkan
penerimaan yang baik oleh publik.
Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Nusantara, Sylvia Halim, mengatakan, “Kepemimpinan perempuan cenderung lebih kolaboratif untuk mengatasi masalah, mengidentifikasi masalah lalu cari jalan bersama. Jadi, hasil dari pemecahan masalah itu adalah milik bersama. Selain itu, saya pikir perempuan memiliki tipe kepemimpinan yang khas yaitu menjadi pendengar yang lebih baik.”

Menurut Sylvia, Indonesia adalah tempat yang cukup terbuka untuk perempuan meraih karir yang tinggi. Keterbukaan kesempatan dan kesetaraan akses pendidikan adalah dua faktor utama yang mempengaruhi berkembangnya karir perempuan di Indonesia.
Maya Kamdani, Deputy CEO BNP Paribas Asset Management menuturkan, ”Saya pikir
pemimpin harus adaptif dengan segala situasi organisasi atau perusahaannya. Yang terpenting adalah bagaimana fokus pada tujuan dan abaikan stigma-stigma yang melekat pada perempuan. Saya yakin bahwa gender equality itu berkembang beriringan.”
Baca juga: Meningkatkan Daya Saing UMKM Perempuan di Era Digital
Wealth Wisdom merupakan seminar tahunan yang diselenggarakan oleh PermataBank untuk menghadirkan berbagai perspektif baru dalam ranah konsep kekayaan holistik secara
komprehensif.