Portal Lengkap Dunia Marketing

BERITA

Keong Racun Disulap Jadi Pupuk Kualitas Super

Marketing.co.id– Keong racun ternyata tidak hanya dijadikan inspirasi menjadi sebuah lagu. Siswa SMK Negeri Pertanian Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menemukan inovasi baru untuk membuat pupuk cair organik berbahan dasar keong racun pertama di Indonesia.

Kelebihan dari pupuk cair organik ini adalah membuat masa pertumbuhan tanaman dan buah lebih cepat dibandingkan dengan pupuk kimia lainnya serta bisa menghidupkan organisme tanah yang sudah mati sehingga akan kembali subur.

Kelebihan lain dari pupuk ini adalah tidak ada efek buruk kepada tumbuhan dan petani karena tidak mencampurnya dengan bahan kimia, dan tidak akan tumbuh hama.

Ketua Jurusan Agronomi, Awan Sudianto mengatakan pembuatan pupuk ini tidak sulit karena hanya membutuhkan waktu dua minggu agar permentasi keong racun yang dicampur dengan molase effectif micro organisme bamboo mengeluarkan cairan yang kemudian cairan tersebut disaring.

Pengembangan pembuatan pupuk cair organik dari keong racun ini sudah berjalan satu tahun, katanya.

Cara penggunaa pupuk cair ini yakni dengan mencampur satu liter pupuk dengan 10 liter air untuk lahan satu hektare kemudian disemprotkan kepada tanah agar organisme penyubur tanah tumbuh.

Saat yang tepat untuk menggunakan pupuk ini adalah pasa fase generative atu fase pembangunan dan penggunaannya tidak perlu rutin hanya satu minggu sekali.

Kami berusaha menciptakan metode pertanian yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan membuat pupuk dari keong racun ini, selain itu harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp 20 ribu per dua liter, terang awan.

CS|Republika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top