Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Kenali Ragam Masalah Jantung Lewat Direktori Penyakit SehatQ

Marketing.co.id – Berita Digital| Penyakit jantung merupakan kondisi masalah kesehatan tidak menular yang menjadi salah satu sumber kematian tertinggi di dunia. Gaya hidup seseorang dewasa ini sangat berpengaruh terhadap kinerja jantung yang menghasilkan berbagai masalah di organ vital yang satu ini. Kebanyakan orang pun akan langsung mengarahkan pikirannya ke kondisi serangan jantung ketika ditanyai mengenai masalah jantung.

Baca Juga: SehatQ Tawarkan Layanan Kesehatan dan Cari Dokter Terpercaya

Padahal, serangan jantung sendiri merupakan imbas dari berbagai masalah jantung, loh. Coba cek fitur Direktori Penyakit yang ada di platform SehatQ, Anda akan mendapati berbagai jenis masalah jantung yang mungkin selama ini tidak familiar di telinga Anda.

Berikut ini adalah beberapa masalah jantung umum yang juga tercantum dalam Direktori Penyakit SehatQ. Bagaimanapun, tidak ada masalah jantung yang boleh diremehkan karena semuanya berisiko berat bagi tubuh dan hidup Anda.

Penyakit Jantung Koroner

Ini merupakan masalah jantung yang mungkin paling populer dikenal banyak orang. Penyakit jantung koroner sendiri merupakan kondisi terhambatnya suplai darah dan oksigen dari maupun ke jantung karena adanya sumbatan atau plak di pembuluh darah. Karena suplai yang tidak maksimal tersebutlah, fungsi jantung menjadi terganggu dan menimbulkan gejala nyeri dada. Jika dibiarkan, Anda bahkan bisa mengalami serangan jantung yang memiliki kematian tinggi.

Aritmia

Pernah mendengar soal aritmia dan apakah Anda mengerti kondisi masalah jantung apakah itu? Secara sederhana, aritmia dapat diartikan sebagai kondisi detak jantung yang tidak beraturan. Dalam hal ini, detak jantung yang tidak beraturan bisa berupa terlalu cepat, terlalu lamban, ataupun berdebar secara tidak beraturan. Detak jantung yang tidak normal ini sendiri disebabkan karena adanya gangguan pada impuls listrik di jantung. Detak jantung yang tidak beraturan atau tidak normal ini sangat rentan mengancam jiwa jika tidak segera ditindak.

Miokarditis

Dalam Direktori Penyakit yang ada di aplikasi konsultasi kesehatan online SehatQ, Anda akan menemukan istilah masalah jantung berupa miokarditis. Ini merupakan masalah jantung yang dipicu oleh adanya infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Yang pada akhirnya, infeksi dari mikroorganisme tersebut menyebabkan peradangan di otot jantung. Peradangan pada otot jantung alias miokarditis inilah yang membuat aliran darah ke jantung menjadi melemah sehingga berpengaruh pula pada detak jantung yang menjadi abnormal. Jika dibiarkan, miokarditis dapat menyebabkan penderitanya mengalami serangan jantung ataupun stroke.

Aneurisma Aorta

Anda mungkin tidak terlalu familiatr dengan masalah jantung yang satu ini. Aneurime aorta merupakan kondisi adanya benjolan ataupun pembengkakan di pembuluh darah utama yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pembengkakan ini membuat darah dan oksigen tidak mampu teralirkan dengan optimal. Bukan hanya melahirkan gejala nyeri dada seperti masalah jantung kebanyakan, kondisi aneurims aorta juga bisa membuat penderitanya mengalami kondisi batuk maupun suara serak. Jika Anda mengalami gejala tersebut yang disertai nyeri dada dan kesulitan bernapas, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Kardiomiopati

Mirip dengan miokarditis, kardiomiopati merupakan masalah jantung yang bersumber dari penurunan fungsi otot jantung. Penurunan fungsi ini disebabkan oleh otot jantung yang mengalami penebalan ataupun kekakuan sehingga jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Disebutkan di Direktori Penyakit SehatQ, kardiomiopati tergolong masalah jantung yang bisa dikendalikan dengan pengonsumsian obat-obatan yang sesuai sampai perubahan gaya hidup yang lebih baik. Namun jika dibiarkan, masalah jantung yang satu ini dapat menyebabkan komplikasi dari masalah katup jantung sampai gagal jantung.

Rata-rata berbagai masalah jantung di atas bisa berujung pada gagal jantung maupun serangan jantung yang meningkatkan risiko kematian. Karena itu, baca-baca kembali penanganan berbagai masalah jantung di Direktori Penyakit SehatQ. Jangan ragu pula memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan jenis masalah jantung yang Anda derita dan bagaimana upaya penanganannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top