Dorong Perdagangan Berbasis Kreator, Lazada Investasikan Rp1,6 Triliun

0
Vanda Monica, Pemilik Toko Mancing_StellaProducts Official dan City Leader di Lazada Club Malang (1)
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Vanda Monica, Pemilik Toko Mancing_StellaProducts Official dan City Leader di Lazada Club Malang (1)

Lazada Investasikan Rp1,6 Triliun untuk Kembangkan Program LazAffiliate dan Dorong Perdagangan Berbasis Kreator

Marketing.co.id – Berita Marketing | Lazada mengumumkan investasi tahunan senilai USD100 juta  atau Rp1,6 triliun dalam Program Afiliasi Lazada, LazAffiliate. Diumumkan dalam acara Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 di W Hotel Bangkok, investasi strategis ini ditujukan untuk mendukung struktur komisi yang lebih baik, insentif berbasis performa, dan berbagai fitur pemberdayaan yang memungkinkan para mitra affiliate memasuki era perdagangan baru yang dipimpin para kreator di seluruh Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, affiliate marketing menjadi sebuah fenomena untuk mencari penghasilan tanpa modal besar. Survei Populix Affiliate Insights menemukan bahwa mayoritas (59%) konsumen non-afiliasi pernah membeli produk afiliasi, terutama pakaian, elektronik, kecantikan, dan makanan. Minat untuk menjadi afiliator juga tinggi (80%), meski ada kekhawatiran soal penghasilan.

Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 mengundang mitra affiliate Lazada dari seluruh Asia Tenggara. Sebanyak 20 mitra affiliate Lazada dari Indonesia juga turut hadir, di mana mereka diakui atas upayanya dalam mendorong konversi penjualan di platform Lazada. Dalam acara ini, tiga mitra affiliate terbaik dari setiap negara menerima penghargaan serta apresiasi berupa trofi dan hadiah uang tunai.

Accesstrade by Interspace Indonesia yang telah aktif membagikan link affiliate Lazada sejak 2020, terpilih sebagai Affiliate of the Year 2024, bersama dengan Niken Ambar Pertiwi yang mendapat penghargaan mitra affiliate terbaik kategori groceries dan Anita Ratnasari sebagai mitra affiliate terbaik untuk kategori beauty.

Program LazAffiliate yang diperbaharui ini mengenalkan struktur insentif terdepan di industri dan serangkaian fitur canggih yang dirancang untuk memberdayakan para mitra affiliate, mulai dari influencer, content creator, hingga pembeli sehari-hari untuk memaksimalkan monetisasi di platform dan memperbesar pengaruh yang mereka berikan.

Peningkatan utama dan fitur baru meliputi peningkatan kanal afiliasi, kumpulan produk dengan komisi tinggi, performance dashboard, toko digital yang lebih personal, dan promo Belanja sebagai Akselerator.

Mendorong pertumbuhan yang efisien bagi brand dan penjual online

Untuk meningkatkan penghasilan para mitra affiliate, Lazada juga menjalin kemitraan dengan berbagai brand dan penjual online ternama untuk menghadirkan strategi pemasaran berbasis performa yang efektif dan efisien. Dalam kerja sama ini, Lazada turut berinvestasi dalam voucher toko yang didanai Lazada, dan ekosistem kreator multi-level.

Hasilnya adalah sistem kerja berbasis performa, di mana brand dan penjual fokus pada investasi yang membawa konversi nyata – membuat kolaborasi dengan para content creator menjadi saluran pendapatan yang terukur, berkelanjutan dan bisa dikembangkan.

Di promo belanja 6.6 yang akan datang, mitra affiliate bisa mendapatkan komisi hingga 36% jika mempromosikan brand partner melalui voucher toko. Terdapat lebih dari 70 brand fesyen dan kecantikan yang telah bekerja sama untuk turut mendanai komisi dan insentif afiliasi. Selain itu, terdapat hadiah dengan total nilai USD100.000 untuk mitra affiliate dengan pencapaian terbaik di Asia Tenggara selama periode 6.6. Ke depannya, mitra affiliate terbaik dapat menikmati bonus dan hadiah tambahan berdasarkan pencapaian mereka selama promo belanja berlangsung.

“Lazada berkomitmen memberdayakan influencer dan content creator di seluruh Asia Tenggara agar bisa membuka peluang penghasilan baru dan memperbesar pengaruh mereka,” ujar Jared Chan, Head of Regional Affiliate Lazada Group. “Melalui investasi ini, kami ingin membangun ekosistem afiliasi yang dinamis, yang tidak hanya mendukung pertumbuhan semangat kewirausahaan, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih otentik antara brand dan konsumen.”

LazAffiliate adalah program afiliasi unggulan Lazada yang menghubungkan jaringan kreator yang terus berkembang—mulai dari influencer, content creator hingga pembeli sehari-hari yang antusias—dengan brand dan penjual. Dengan memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, para mitra affiliate bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil, tanpa batasan jumlah. Program LazAffiliate membuka peluang ke dunia perdagangan berbasis kreator, tanpa persyaratan jumlah followers—cukup bagikan, rekomendasikan, dan hasilkan.