Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Kelebihan, Kekurangan Serta Tips Pengajuan Kredit Tanpa Agunan

Marketingcoid – Hutang atau kredit merupakan suatu jawaban bagi seseorang yang sedang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak.  Tentunya, hutang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang negatif.  Tapi tahukah Anda kalau hutang bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.  Saat ini sudah ada banyak sekali jenis utang yang beredar di masyarakat.  Mulai dari utang yang disesuaikan dengan tujuan, misal seperti KPR yang tidak lain dan tidak bukan adalah jenis hutang untuk pemilikan rumah.  Selain itu ada juga hutang yang sifat alokasi dananya dibebaskan ke nasabah, hutang ini biasa juga disebut dengan hutang atau kredit multiguna, yang di antaranya adalah kredit tanpa agunan

Istilah Kredit Tanpa Agunan ini muncul karena kredit yang diberikan bank tidak disertai dengan keharusan nasabah untuk memberikan jaminan sebagai salah satu syarat yang umumnya diminta untuk kelengkapan dokumen pemberian fasilitas kredit.  Dibandingkan dengan produk kredit atau pinjaman lainnya, produk kredit satu ini lebih banyak peminatnya. Terlebih lagi sekarang sudah tersedia produk KTA online lewat mobile app yang semakin mempermudah proses pengajuan.

Namun, seperti kebanyakan produk, selalu ada kelebihan dan kekurangannya.  Begitu pula dengan Kredit Tanpa Agunan ini.  Berikut penjelasannya.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

  • Angsuran yang tetap

Hingga saat ini produk kredit yang memberikan angsuran bersifat tetap dan tidak mensyaratkan adanya jaminan adalah KTA.  Dengan adanya kelebihan ini, memberikan keuntungan untuk mereka yang memiliki penghasilan tetap.  Mengapa? sebab produk ini sangat baik karena bebannya tidak berubah.  Kredit yang tetap memang sudah seharusnya diatasi dengan penghasilan tetap juga. 

  • Syarat yang mudah

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa KTA merupakan kredit yang bisa didapatkan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Oleh sebab itu, tentunya hal ini menjadi keunggulan yang sangat membantu kita yang belum memiliki aset berharga seperti rumah atau mobil. Namun, untuk pinjaman ini tetap memiliki syarat, di antaranya fotokopi KTP, kartu keluarga, catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir pengajuan kredit.
Saat ini untuk dapat mengajukan kredit tanpa agunan Anda bisa mengisi formulir pengajuan KTA secara online yang terdapat di setiap website bank penyedia.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

  • Wajib memiliki kartu kredit

Umumnya lembaga penyedia produk pinjaman KTA yang terdaftar di Bank Indonesia. mewajibkan calon debitur untuk memiliki kartu kredit.  Sebab dengan begitu pihak bank dapat membaca riwayat kredit calon nasabah.  Syarat yang ini terkadang sangat memberatkan bagi calon debitur yang ingin mengajukan KTA, sebab saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu kredit tetapi membutuhkan dana pinjaman yang mudah seperti Kredit Tanpa Agunan.

  • Bunga Pinjaman yang Besar

Kekurangan yang paling jelas dari Kredit Tanpa Agunan ini adalah bunganya yang lumayan tinggi.  Penyebabnya adalah karena KTA ini tidak mewajibkan nasabah untuk menyertakan jaminan dokumen sebagai syaratnya pengajuannya. Tentunya hal tersebut menjadi risiko tersendiri bagi bank. Beberapa bank seperti Panin Bank, Permata Bank, atau Standard Chartered memiliki suku bunga pinjaman yang rendah yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Adapula beberapa tips bagi yang ingin mengajukan KTA adalah

  • Penuhi semua persyaratan

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam pengajuan KTA adalah penuhi segala persyaratan yang telah ditentukan. Jadi, Anda harus pahami syarat pengajuan KTA, kemudian lengkapi dengan baik. Selain itu Anda harus mengisi seluruh informasi mengenai data diri Anda yang benar, mencantumkan nomor telepon yang aktif dan mudah dihubungi, sehingga saat bank menghubungi, Anda bisa dihubungi dan proses aplikasi juga berjalan dengan lancar.

  • Cantumkan NPWP

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan, Anda wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), terutama bila Anda ingin mengajukan pinjaman dana yang cukup besar saat mengajukan KTA. Calon nasabahnya yang memiliki NPWP akan semakin besar kemungkinannya untuk disetujui.  Jadi apabila Anda belum memiliki NPWP, namun ingin mengajukan pinjaman kredit Tanpa Agunan da baiknya Anda mendatangi kantor pajak terdekat dan melakukan pengajuannya.

  • Sertakan Nomor Kartu Kredit

Saat akan mengajukan pinjaman KTA, maka proses pengajuan tersebut akan lebih mudah disetujui jika nasabah telah memiliki kartu kredit.  Sebab bank akan dengan mudah melihat riwayat kredit Anda.  Serta mempertimbangkan catatan kredit dan aktivitas perbankan Anda melalui kartu kredit yang Anda miliki.

Walau kartu kredit sangat bermanfaat dalam proses pengajuan, namun menyertakan kartu kredit bagi nasabah tertentu bisa menjadi bumerang.  Karena bank akan mengetahui jika Anda memiliki riwayat pemakaian yang buruk di dalam kartu kredit tersebut. Jika Anda mempunyai cicilan yang masih belum dibayar di kartu kredit, maka sangat disarankan agar Anda melunasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman KTA ke bank.  Bank akan menolak pengajuan pinjaman, bila ternyata calon nasabah memiliki tagihan kartu kredit yang dalam status macet.

Demikian artikel ini, semoga bisa membantu bagi Anda yang ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan.  Pertimbangkan terlebih dahulu poinnya dan ikuti tipsnya.  Semoga berhasil!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top