Salesmanship

Kekuatan Neighbourhood Marketing (Bag. 3)

www.marketing.co.id – Dalam bagian 1 dan 2 artikel “Kekuatan Neighbourhood Marketing”, kita telah membahas banyak cara untuk mengembangkan bisnis Anda dengan metode “within your four walls”. Artinya, Anda dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan dengan cara meningkatkan aktivitas DI DALAM perusahaan dan dari pelanggan yang SUDAH ADA—tanpa kenaikan biaya yang besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas banyak cara yang dapat digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan baru dalam ruang lingkup lingkungan Anda—sekali lagi, dengan biaya rendah dan return yang tinggi.

1. Pasang Brosur dan Poster di Toko-toko Tetangga

Satu cara yang paling biasa, tidak mahal tetapi efektif untuk membuat konsumen berdatangan ke toko Anda adalah dengan memasang brosur dan poster di toko-toko sekeliling dalam lingkup lingkungan Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah berteman dan mengunjungi para pemilik dari toko-toko di sekeliling, menjelaskan maksud dan meminta izin untuk memasang poster atau brosur Anda pada toko mereka. Kebanyakan pemilik toko tidak akan keberatan karena Anda dan mereka bukanlah kompetitor secara langsung. Idealnya, toko-toko yang Anda kunjungi memenuhi kategori-kategori sebagai berikut:

  • Banyak orang yang mengunjungi toko mereka.
  • Pengunjung toko mereka sesuai dengan target market Anda.
  • Pengunjung toko mereka berhubungan dengan target market Anda.
  • Toko-toko mereka bukanlah kompetitor Anda secara langsung (bukan yang memiliki bisnis yang sama)!

2. Kerja Sama Secara Timbal Balik dengan Toko-Toko Sekeliling Anda

Untuk membangun hubungan dengan toko-toko di sekeliling, Anda bisa juga menawarkan kepada mereka untuk memasang brosur atau poster mereka di toko Anda. Ini akan memudahkan mereka  memberikan izin untuk memasang poster dan brosur Anda di toko mereka. Bila memasang poster dan brosur Anda di toko mereka memang sangat menguntungkan, Anda bahkan bisa menawarkan untuk mencetak poster mereka dan memasangnya pada toko Anda!

3. Promosi Silang Antar Toko Sekitar

Cara efektif lain untuk membuat orang-orang mengunjungi toko Anda adalah dengan melakukan “promosi silang” dengan toko-toko sekitar. Berikut beberapa contohnya: Pelanggan manapun yang melakukan pembelian sebesar Rp 150.000 atau lebih di toko tetangga Anda, otomatis mendapatkan bonus sepotong kue dari toko kue Anda. Pelanggan manapun yang membeli produk susu sebesar Rp 150.000 atau lebih di toko tetangga Anda, otomatis mendapat kesempatan gratis pemeriksaan gigi di klinik Anda. Pelanggan manapun yang melakukan pembelian produk buah-buahan sebesar Rp 200.000 atau lebih di toko tetangga,  otomatis akan mendapatkan sepiring ayam goreng dari restoran Anda. Pelanggan manapun yang menghabiskan Rp 150.000 atau lebih di salon tetangga, otomatis mendapatkan lipstik dari toko kosmetik Anda. Pelanggan manapun yang menghabiskan Rp 150.000 atau lebih di toko stationery tetangga, otomatis mendapatkan sebuah CD pendidikan gratis di kursus bahasa Inggris Anda. Maksud dari keseluruhan ide ini adalah membuat hubungan dengan semua orang yang mengunjungi toko-toko di sekitar Anda (salon, dokter gigi, toko kue, toko buah, minimarket, sekolah, bengkel, dan lain-lain) agar mengunjungi toko Anda juga. Hal ini seperti “menyalurkan” semua pelanggan di satu lingkungan untuk mengunjungi toko Anda!

4. Promosi Timbal Balik dengan Toko-toko Tetangga

Tentu saja, Anda juga dapat mengadakan kerja sama timbal-balik dengan toko-toko di lingkungan Anda. Semua pengunjung yang menghabiskan sebanyak Rp 150.000 atau lebih dari toko Anda,  otomatis bisa mendapatkan bonus atau hadiah dari toko-toko tetangga Anda.

5. Adakan Open House/Seminar/Demo/Kompetisi

Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda adalah dengan menggelar open house.  Pada hari spesial ini, Anda bisa mengadakan suatu acara seperti:

  • Seminar

Untuk mengadakan seminar yang sukses, Anda perlu untuk mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: o   Siapa saja orang-orang (target market) yang Anda harapkan untuk berkunjung ke toko Anda? o   Apa saja yang diinginkan dan menjadi perhatian mereka? o   Topik apa yang cocok dan menarik untuk mereka? o   Siapa yang cocok menjadi pembicara di seminar tersebut? Pembicaranya haruslah seseorang yang disukai, dihormati, dan dikenal oleh kelompok target market Anda. Begitu Anda mempunyai topik dan pembicara yang tepat, maka akan mudah menarik pengunjung agar datang ke seminar tersebut.

  • Demo

Kunci untuk bagaimana mengadakan demo yang sukses adalah mirip dengan bagaimana mengadakan seminar yang sukses.  Anda juga dapat mempertimbangkan hal-hal berikut: o   Siapa saja target market yang Anda harapkan untuk berkunjung ke toko Anda? o   Demo macam apa yang relevan dan menarik untuk mereka? o   Siapa orang yang cocok untuk melakukan demo?  Orang tersebut haruslah seseorang yang disukai, dihormati, dan dikenal oleh kelompok target market tersebut. Begitu Anda memiliki tema dan orang yang cocok untuk demo tersebut, maka akan relatif mudah untuk bisa menarik pengunjung untuk menghadiri acara demo produk Anda.

  • Kompetisi

Mengadakan suatu lomba atau kompetisi dengan hadiah-hadiah  menarik adalah salah satu cara untuk dapat menarik pengunjung ke toko Anda. Ada banyak macam kompetisi yang dapat Anda adakan.  Berikut beberapa contohnya: o   Lomba foto bayi. o   Lomba gambar atau mewarnai untuk anak-anak. o   Lomba Playstation atau permainan lainnya. o   Lomba masak. o   Lomba bernyanyi (karaoke), dan lain-lain. Ingatlah bahwa hal yang paling penting untuk dapat mengadakan open house yang sukses adalah menciptakan suasana atau atmosfir yang mendukung. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk mempunyai hal-hal berikut dalam open house tersebut: o   Banners (spanduk). o   Balon untuk dibagi-bagikan. o   Musik. o   Gimmick.

6. Bekerja Sama dengan Open House/Seminar/Demo/ Kompetisi yang Diadakan oleh Toko-toko di Sekitar Anda

Agar bisa menghemat biaya tetapi mampu mengadakan event yang berskala besar dan sukses, Anda bisa bergabung atau bekerja sama dengan toko-toko di lingkungan Anda. Tujuan utama dari hal ini adalah: §  Agar lebih ekonomis dan bisa berbagi biaya. §  Supaya bisa meningkatkan skala event agar menjadi lebih besar dan megah. §  Agar event-nya bisa menjadi lebih menarik bagi target market Anda. §  Satu event bisa memberi keuntungan bagi beberapa atau banyak toko. §  Membangun dan membina hubungan dengan toko-toko di lingkungan Anda. Tetapi, karena ada lebih dari satu pihak yang terlibat, maka pelaksanaan event tersebut tentu menjadi lebih kompleks.  Kita juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepentingan dan kepribadian dari toko-toko di sekitar Anda tersebut. Jadi agar program ini bisa berjalan mulus, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan: §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang tujuan dari event tersebut. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang hasil apa saja yang akan didapat dari event tersebut. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju tentang anggaran dan prosedur pembayaran dari event tersebut—kapan uang sudah harus dibayarkan, kapan uangnya sudah harus terkumpul, dan lain-lain. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa setiap pembelian apa pun harus dicatat, diketahui semua pihak, dan harus ada bukti pembeliannya. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa harus ada laporan keuangan yang transparan dan jelas setiap akhir dari suatu event. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju bahwa semuanya akan bekerjasama untuk menuju ke satu tujuan dan dalam kondisi win-win result. §  Pastikan semua pihak mendapat tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dan mengerti dengan baik bagian dan perannya masing-masing. §  Pastikan semua pihak mengerti dan setuju siapa yang akan mengepalai event ini, dan siapa juga yang akan menjadi bendaharanya. Bila tidak ada orang yang kompeten atau mempunyai pengalaman yang cukup untuk menjalankan event, maka akan lebih baik menunjuk suatu event organizer yang memang sudah berpengalaman. Pastinya hal ini akan membutuhkan lebih banyak biaya, tetapi hasilnya akan jauh lebih baik dan para pemilik toko tidak harus menghabiskan waktu, energi, dan usaha untuk mengatur sendiri event tersebut. Mereka hanya perlu sering melakukan koordinasi dengan pihak event organizer. 7. Pasang Brosur dan Poster Mengenai Open House Anda di Toko-toko Sekitar Tentu saja, Anda dapat mengkombinasikan ide nomor (5) dan (6) dengan ide nomor (1). Ini berarti Anda memasang poster dan brosur mengenai open house Anda di toko-toko sekitar. 8. Anda Bahkan Tidak Memerlukan Sebuah Toko! Tentu saja semua ide yang sudah dijelaskan di atas TIDAK BERARTI Anda harus memiliki sebuah toko! Ide-ide tersebut tetap bisa digunakan dengan sama efektifnya apabila Anda bekerja dari rumah, dan melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Pemasaran jaringan (MLM)
  • Agen asuransi
  • Agen properti
  • Guru
  • Programmer komputer Lepas
  • Tukang listrik lepas
  • Kontraktor lepas
  • Desainer grafis
  • Ahli interior
  • Katering atau koki spesial
  • dan lain-lain.

Saya berharap setelah menjelaskan kepada Anda semua hal tersebut di atas, Anda dapat menyadari bahwa ada cara-cara lain yang tidak terbatas!  Anda hanya memerlukan sedikit kreativitas dan berusaha untuk sedikit berpikir outside the box. Anda tidak perlu melangkah terlalu jauh.  Semuanya sudah ada di lingkungan Anda sendiri!

Happy Neighborhood Marketing! (James Gwee T.H., MBA.)

1 Comment

1 Comment

  1. radit

    16 April, 2012 at 09:54

    mas, saya minta izin buat mengunduh tapeletmnya yah.sekalian mau nanya, kalo pengen tiap halaman blog berbeda strukturnya (mksdnya kontennya), caranya gmn yah? saya buat di blogger.blog saya,www.okicell.blogspot.comklo berkenan tolong di cek ya mas, terus minta saranya.terima kasih,regards oki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top