Portal Lengkap Dunia Marketing

x

Kaspersky; Merambah Pasar dengan DokterVirus

ksss12345rtnv7webBagi pecinta teknologi informasi (TI), nama Kaspersky cukup terkenal sebagai antivirus berkemampuan canggih. Kini, Kaspersky rajin membidik pasar lewat beragam media. Salah satunya lewat media internet berupa situs DokterVirus.

Keamanan penyimpanan data merupakan hal yang krusial dewasa ini. Semakin pesat perkembangan teknologi komputer, semakin rawan keamanan berkas (file) data yang kita miliki. Akibat seringnya virus menyerang berkas data, kini banyak produk yang menawarkan program antivirus untuk proteksi data. Dari sekian banyak antivirus, Kaspersky merupakan produk yang sudah sangat dikenal.

Saat ini, Kaspersky merupakan pemimpin pasar untuk produk antivirus dan internet security. Produk ini merupakan keluaran Kaspersky Lab, perusahaan asal Rusia yang bergerak dalam bidang aplikasi keamanan. Sejak awal 2008 lalu, Kaspersky Lab menunjuk PT Astrindo Starvision sebagai distributor tunggal untuk penjualan Kaspersky Consumer Product di Indonesia. Adanya distributor ini mempermudah pengguna PC dan perangkat mobile di Indonesia untuk mendapatkan program antivirus dari Kaspersky. PT Astrindo Starvision didirikan pada tahun 2006 dengan tujuan untuk membantu mengembangkan pasar teknologi informasi (TI) di Indonesia. Dengan melalui jaringan distribusi yang seluas-luasnya, diharapan teknologi informasi terdepan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air.

Menurut Joni Irwanto, General Manager PT Astrindo Starvision, antivirus maupun internet security saat ini sudah menjadi perangkat lunak wajib yang harus dimiliki setiap pengguna komputer. Maraknya penggunaan internet dan kemudahan untuk mengakses data yang tersedia di internet membuat semakin tinggi pula ancaman bagi perangkat komputer untuk terinfeksi virus, spyware, malware, dan banyak lagi.

Sejak berdiri tiga tahun lalu, perkembangan PT Astrindo Starvision tergolong dinamis sesuai dengan perkembangan industri TI pada umumnya. Perusahaan ini termasuk salah satu distributor TI yang cukup berhati-hati dalam memilih produk yang berkualitas dan sesuai dengan pasar Indonesia. Sesuai pengamatan perusahaan, Kaspersky adalah produk antivirus yang terunggul selama beberapa tahun terakhir ini.

Target market dan segmen yang dibidik oleh Kaspersky adalah seluruh pengguna komputer, baik netbook, notebook, PC, maupun server. Kaspersky menjangkau seluruh kalangan masyarakat yang ada. “Pangsa pasar kami adalah konsumen yang sangat rentan terhadap virus dan ancaman lainnya. Selain itu, kami juga menargetkan segmen pelaku usaha kecil dan menengah (UKM),” ujar Joni.

Mengenai harga, produk Kaspersky cukup kompetitif dan relatif terjangkau, yaitu mulai dari harga Rp 250 ribu untuk produk yang paling mendasar. Namun demikian, hambatan yang dihadapi saat ini adalah tingkat kesadaran pengguna komputer yang masih rendah mengenai penggunaan produk antivirus berkualitas, dan juga tingkat pembajakan software yang masih tinggi.

Berbagai kelebihan dan keunggulan antivirus Kaspersky menjadi alasan masyarakat dalam memilih produk ini. Selain sangat mudah di-install dan digunakan, produk ini juga merupakan antivirus yang tercepat update-nya. Kedua faktor ini menjadikan Kaspersky sangat diminati oleh semua kalangan baik yang fasih TI maupun pengguna komputer pemula.

Untuk strategi pemasarannya, perusahaan memfokuskan pada komunikasi untuk meningkatkan brand awareness serta edukasi secara rutin melalui pelatihan dan seminar kepada mitra bisnis maupun pengguna produk. Di samping itu, yang tak kalah penting adalah perhatian pada ketersediaan produk tersebut di toko-toko komputer, sehingga mudah terjangkau oleh konsumen. “Kami menyediakan jalur distribusi yang nyaman buat pembeli, yaitu melalui mitra bisnis kami yang tersebar di seluruh Tanah Air, atau pembelian secara online melalui www.doktervirus.com,” jelas Joni.

Diakui Joni, selain inovasi dari sisi teknologi, strategi marketing dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya penggunaan antivirus berkualitas juga menjadi faktor penting dalam membantu meningkatkan penjualan.

Untuk memperkuat penetrasi pasar, Kaspersky melakukan strategi komunikasi melalui berbagai media, baik elektronik, media cetak, maupun pameran (seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu lewat pameran di JCC). Suara konsumen pun tak luput diperhatikan dengan serius. Perusahaan juga menerima saran, baik secara langsung maupun tidak langsung, dari calon pengguna. “Saran secara langsung adalah via seminar, pelatihan atau web survey. Sementara yang tidak langsung adalah melalui komentar dari mitra bisnis kami,” kata Joni.

Meskipun banyak produk antivirus lain yang beredar di pasaran, akan tetapi tidak ada produk-produk lainnya yang berkompetisi secara langsung dengan Kaspersky. Hal ini dikarenakan tiap produk memiliki karakteristik masing-masing. Kaspersky memiliki beberapa keunggulan dibanding produk sejenis yang beredar di pasar. Di antaranya adalah jaringan support-nya yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui hotline, e-mail, maupun mitra bisnis PT Astrindo Starvision yang tersebar di berbagai daerah, konsumen akan merasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk-produk Kaspersky antivirus dan internet security. Selain itu, seluruh proses yang ada di dalam Kaspersky juga diautomatisasi untuk memudahkan pengguna. Proses update, scanning, dan sebagainya dibuat otomatis untuk mengurangi interaksi pengguna. Proses update ini sangat cepat dan dilakukan hampir setiap satu jam sekali untuk mengantisipasi perkembangan virus yang sangat cepat.

Keunggulan lainnya adalah, fitur HIPS (Host Based Intrusion Prevention System) yang memaksimalkan teknologi alogaritma mutakhir untuk mencegah penyusup mengakses komputer dan teknologi virtual keyboard yang memungkinkan kita melakukan transaksi online secara aman. Kemudian fitur parental control yang juga sangat efektif mencegah efek negatif internet bagi anak-anak dengan membatasi perilaku browsing sesuai dengan umur pengguna.

Satu hal yang menjadikan  PT Astrindo Starvision berhasil memasarkan produk Kaspersky di sini adalah kekonsistenan mereka dalam mengelola tiga hal, yaitu mengembangkan produk yang bagus, pengadaan produk yang lancar, serta layanan pra dan purnajual yang sempurna. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top