Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Karyawan Makin Berkembang dan Sejahtera dengan Aplikasi Digital HR

Marketing –  Berkembangnya dunia digital memicu munculnya beragam tren baru dalam bisnis, salah satunya tren  pengelolaan Human Resources (HR)) berbasis aplikasi digital. Dengan bantuan aplikasi ini, pengelolaan HR di perusahaan menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif. Dengan demikian departemen HR tidak lagi direpotkan dengan berbagai macam urusan adminstratif atau memantau aktifitas harian karyawan.

Di Indonesia banyak bermunculan aplikasi digital untuk pengelolaan HR, antara lain DataOn dan GreatDay HR. DataOn memberikan solusi manajemen SDM, ERP (Enterprise Resources Planning), dan manajemen akuntansi finansial melalui produknya SunFish HR & SunFish ERP. GreatDay HR merupakan aplikasi mobile untuk HR dengan fitur andalan antara lain absensi digital (manajemen kehadiran) dan payroll (manajemen penggajian).

Gordon, President Director DataOn dan GreatDay HR, mengatakan, DataOn melayani 2.000 perusahaan di 35 negara total karyawan yang dilayani lebih dari 1,2 juta. DataOn bekerja sama dengan GreatDay HR guna membantu karyawan mengakses berbagai layanan keuangan.

“Dengan SunFish HR kita memberikan kesempatan bagi karyawan yang ingin menikmati layanan keuangan seperti asuransi dan pinjaman meskipun gaji mereka tidak memenuhi persyaratan,” tuturnya di sela-sela Inspire HR-DataOn 11th HR Conference, di Sheraton Grand Gandaria City, Jakarta (10/4/19).

Kiri ke kanan: Yook Chan, President Commissioner DataOn dan GreatDay HR, Gordon President Director DataOn dan GreatDay HR dan Julian Project Manager Yook Chan, President Commissioner DataOn dan GreatDay HR, Gordon President Director DataOn dan GreatDay HR dan Julian Project Manager GreatDay HR.

Yook Chan, President Commissioner DataOn dan GreatDay HR menambahkan, misi perusahaannya adalah memberdayakan seluruh karyawan di Indonesia melalui teknologi. “Kami memberikan akses layanan finansial yang tadinya diberikan secara offline dan menjembatani karyawan ke layanan keuangan seperti asuransi agar kesejahteraan mereka bisa meningkat,” tuturnya.

Gordon menegaskan, saat ini DataOn menjadi market leader solusi manajemen HR berbasis digital di Indonesia. Potensi pasar aplikasi pengelolaan manajemen di Indonesia sendiri sangat besar, terutama di perusahaan skala UKM. “Sebelumnya perusahaan kecil dan menengah tidak perlu fokus dengan pengelolaan SDM karena jumlah karyawannya 20 – 50, tinggal bayar gaji mereka saja,” jelasnya.

Namun ketika perusahaan ingin memberikan reward ke karyawan, mereka membutuhkan dukungan sistem HR digital. Teknologi digital dibutuhkan untuk menentukan besaran reward seperti insentif dan komisi.

Gordon menambahkan, perusahaan UKM tidak perlu ragu mengggunakan DataOn, karena harganya terjangkau. Untuk SunFish dan GreatDay HR misalnya, dua solusi ini menggunakan sistem langanan (subscription) “Untuk GreatDay HR harganya Rp9.000 per karyawan. Yang paling penting sistem ini mudah diaplikasikan. Kalau sistem HR enterprise pasti membutuhkan waktu beberapa bulan untuk set up, dengan GreatDay HR bisa set up sistem hanya dalam 1 jam,” jelasnya.

Sementara itu, Julian, Project Manager GreatDay HR menandaskan, aplikasi digital HR bukan dimaksudkan untuk mengurangi jumlah karyawan di departemen HR. Selama ini katanya, karyawan HR lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengurusi operasional perusahaan. “Harusnya bukan begitu, mereka mendorong karyawan agar bekerja dengan baik. Jika mereka hanya fokus mengurus absensi karyawan, apakah karyawan benar datang ke kantor atau tidak, kapan mereka bisa meningkatkan skill karyawan,” beber Julian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top