Karir.com Rilis MT Academy

Rosy Mentang, Business Development Director Karir.com CEO Karir.com dan Dino Martin, memaparkan presentasi mengenai generasi Z di acara Buka Puasa Bersama & Karir.com Insight : "Memahami dan mempersiapkan Generasi Z untuk Berkarir" di Jakarta Design Center (JDC) (02/07/2015).
Rosy Mentang, Business Development Director Karir.com CEO Karir.com dan Dino Martin, memaparkan presentasi mengenai generasi Z di acara Buka Puasa Bersama & Karir.com Insight : “Memahami dan mempersiapkan Generasi Z untuk Berkarir” di Jakarta Design Center (JDC) (02/07/2015).

Dalam beberapa tahun ke depan pasar tenaga kerja akan dipenuhi oleh para pekerja dari generasi Z. Generasi Z merupakan sebutan bagi generasi muda yang lahir setelah tahun 1995, atau juga disebut sebagai generasi milenial – sebuah generasi yang tumbuh di tengah transisi perkembangan teknologi.

Untuk mengantisipasi hal itu, Karir.com melakukan terobosan baru dengan meluncurkan program Management Trainee (MT) yang khusus ditujukan bagi para generasi Z. CEO Karir.com, Dino Martin mengatakan, program MT Academy berfokus pada development, communication, business motivation, analytical dan entrepreneurial skill generasi ini.

 “Program reguler ini menjaring talenta terbaik lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri yang memenuhi kriteria masuk dalam program Management Trainee untuk perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia,” jelas Dino Martin, di Jakarta usai acara buka bersama pada Kamis (2/7/2015).

Dijelaskan Dino, pada tahun pertama, MT Academy akan memfokuskan diri ke sekolah bisnis untuk menjaring talenta terbaik di bidang sales, marketing dan finance. Sedangkan di tahun kedua, akan direkrut kandidat dari sekolah bidang teknik dan psikologi.  Saat ini, Karir.com telah menjaring sejumlah kampus ternama, seperti ITB, IPB, UI, dan Melbourne University.

Tentang generasi Z, kata Dino,  memiliki karakteristik yang unik. Generasi Z merupakan penerus generasi Y–generasi yang lahir mulai dari tahun 1981 sampai 1995.  Meski keduanya terbilang sangat akrab dengan dunia internet, karakteristik Gen Z jauh lebih tech savvy atau melek teknologi.

Namun, berbeda dengan Gen Y, mereka memiliki kesadaran privasi yang lebih tinggi. Gen Z adalah generasi yang lebih matang, aktif kerja sosial, peduli terhadap lingkungan, tumbuh dalam akulturasi ras dan gender, lebih ingin menciptakan (create) ketimbang berbagi (sharing), lebih percaya diri, berorientasi pada kesuksesan dan kebenaran kelompok (collective conscience).

“Program ini merupakan metode yang paling efisien bagi perusahaan dalam menghemat waktu, daya dan biaya, karena perusahaan dapat meringkas proses rekruitmen, seperti seleksi dari kampus ke kampus untuk merekrut Generasi Z terbaik,” timpal Rosy Mentang, Business Development Director Karir.com.

Rosy menambahkan, MT Academy yang akan dilaksanakan 2 kali dalam setahun dengan jumlah total 200 kandidat per tahun menerapkan seleksi ketat. Kandidat harus melalui berbagai persayaratan, seperti IPK di atas 3,25 dari universitas terkemuka, mengikuti online assessment EFSET (Standard English Test) dan Aptitude, mengikuti wawancara dan Focus Group Discussion, serta terakhir mengikuti case study test (untuk bidang Marketing, Sales dan Finance).

Dino mengatakan, saat ini sudah ada 10 perusahaan yang tertarik mengikuti program tersebut. Ke-10 perusahaan tersebut dari sektor perbankan, asuransi, FMCG dan otomotif. Hingga akhir tahun 2015, Karir.com menargetkan 20 perusahaan bergabung dalam program tersebut.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.