Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Karang Pilang Cenderung Menjadi Generic Brand (1)

Marketing.co.id – Word of mouth yang kuat dan kegiatan marketing mix yang dijalankan selama puluhan tahun, membuat merek Karang Pilang menjadi generic brand di beberapa daerah

Kesuksesan Karang Pilang tidak dibangun dalam semalam. Perusahaan ini sudah beroperasi lebih dari 60 tahun (berdiri tahun 1956) dan bermula dari sebuah pabrik di Jawa Timur untuk melayani semua segmen pasar. Produknya seperti genteng keramik dan ventilation brick (loster) digunakan hingga pelosok pedesaan.

PT Cerarufindo Primamandiri memiliki 4 lini produk, yang mencakup rangka atap, penutup atap (genteng), penutup dinding (fascade dan lantai), serta rangka pintu, jendela, penutup kaca (panel). “Umumnya sebuah perusahaan hanya mengelola sebuah lini produk dan hanya memproduksi dan memasarkan lewat perusahaan distribusi atau oleh agen-agen terpisah. Tetapi, Karang Pilang mengerjakan semua kegiatannya bersama-sama secara total dan bergaransi,” tutur Fancy Halim Ishak, President Director PT Cerarufindo Primamandiri.

Khusus genteng keramik/tanah liat, Karang Pilang rutin menyabet penghargaan Top Brand sejak tahun 2010. Wajar jika merek ini diganjar Top Brand Award karena sudah berhasil mendominasi pasar di berbagai kawasan Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Bali, Lombok, dan NTT. Keberhasilan dalam menembus berbagai kawasan di Indonesia tak lepas dari dibangunnya 2 pabrik di Tangerang sejak 20 tahun yang lalu.

Karangpilang, karang pilang, produk karangpilang, Fancy Halim Ishak - President Director PT Cerarufindo Primamandiri

Fancy Halim Ishak – President Director PT Cerarufindo Primamandiri. Foto: Majalah MARKETING/LL.

Fancy mengatakan, keberhasilan mereknya adalah karena word of mouth yang kuat dan kegiatan marketing mix yang sudah dijalankan selama puluhan tahun. “Karang Pilang hampir menjadi generic brand di Jawa Timur, Madura, dan Bali (Lombok dan NTT), yang disuplai 80% khusus genteng keramiknya dari Karang Pilang saja,” jelas Fancy melalui surat elektronik.

Untuk menjaga kepemimpinan di kategori Genteng Keramik/Tanah Liat, perusahaan melakukan tiga hal, yakni menjaga kualitas tetap prima dengan memenuhi standar SNI atau bahkan ditingkatkan; harga yang selalu stabil dan kompetitif sesuai dengan daya beli pasar; serta promosi dan distribusi terbaik melalui distributor dan agen di seluruh wilayah Nusantara.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top