Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Kandungan Gula pada Buah Bahayakah?

Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih selama ini diklaim menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan kata lain, jika ingin sehat seseorang harus mengurangi asupan gula dalam bentuk apa pun. Namun, bagaimana dengan gula di dalam buah? Apakah konsumsi buah juga harus dibatasi?

Buah merupakan camilan alternatif yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Selain dimakan langsung, buah biasa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau smoothie. Nah, minuman inilah yang semestinya dibatasi karena akan membuat bobot tubuh bertambah.

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Nutrition sebagaimana dikutip dari Runners World, menyebutkan kandungan gula alami di dalam buah yang biasa disebut fruktosa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Via KrJogja

Buah alami mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tapi jangan pernah menambahkan pemanis apa pun saat mengonsumsi buah alami, baik berupa madu, sirup, atau gula.

Banyak orang mengira diabetesi (orang dengan diabetes) tidak boleh makan yang manis-manis, termasuk buah manis. Hal ini tentu jadi membatasi asupan buah para diabetesi. Faktanya, kebanyakan buah mempunyai indeks glikemiks (bagaimana makanan dapat memengaruhi kadar gula darah) yang rendah sampai sedang. Artinya, buah tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.

Hal ini karena selain buah mengandung gula, buah juga mengandung banyak serat (jika dimakan dalam bentuk utuh, bukan di jus). Serat membantu pelepasan gula lebih lambat, sehingga gula darah tidak langsung meningkat setelah makan buah. Dibandingkan dengan gula dalam makanan lainnya, tampaknya gula dalam buah bisa menjadi sumber gula yang sehat.

Namun, bagi Anda yang punya diabetes, Anda harus tetap memerhatikan berapa banyak buah yang bisa Anda makan. Semua buah bisa Anda konsumsi, tapi tetap perhatikan porsinya. Dikhawatirkan, mengonsumsi terlalu banyak buah yang mengandung gula tinggi dapat memicu gula darah naik.

Beberapa buah yang mengandung gula cukup tinggi (lebih dari 10 gram per porsi) adalah apel, pisang, ceri, anggur, nanas, mangga, kiwi, dan pir.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top