Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Kampanye Ramadan Instagram #MonthofGood

 Marketing.co.id – Di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi secara global, perayaan Ramadan tahun ini menjadi sedikit berbeda. Berkomitmen untuk membantu para pengguna tetap dapat menjalankan tradisi Ramadan mereka meskipun harus berada #dirumahaja, kampanye ramadan Instagram mengambil tagar #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan.

Melalui kampanye #MonthofGood ini, Instagram mengajak seluruh pengguna termasuk pengguna di Indonesia untuk mengingat hal-hal yang baik dan berbagi kebaikan dengan orang dan kerabat terdekat mereka di Instagram.

“Data internal kami menunjukkan bahwa penggunaan kata “donasi” di Indonesia telah meningkat hingga 300 persen selama sebulan terakhir menjelang bulan suci Ramadan tahun ini. Hal inilah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood. Kami ingin mendorong pengguna semakin gencar berbagi konten kebaikan yang bersifat gotong-royong dan kolaborasi terutama di tengah pandemi seperti ini,” ujar Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik.

Sebagai bagian dari kampanye #MonthofGood tersebut, Instagram untuk pertama kalinya meluncurkan AR Filter Ramadan pertama di Indonesia bertema “Rayakan di Instagram” yang mulai tersedia mulai 23 April 2020.

AR Filter Ramadan pertama ini merupakan hasil kerja sama dengan kreator lokal muda Noorman Fakhrizal (@karetsatu), dimana @karetsatu menciptakan dua buah AR filter RAYAkandiInstagram.

Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk tetap bisa mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, bersilaturahmi secara virtual dan menjalankan tradisi Ramadan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Selain peluncuran AR Filter Ramadan, Instagram juga akan mengadakan serangkaian sesi Instagram Live bertajuk “Ngabuburit di Instagram” bersama dengan para selebriti dan konten kreator tanah air selama tujuh hari berturut-turut dimulai dari 27 April hingga 3 Mei 2020.

Dalam program ini, para selebriti akan membagikan berbagai ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja, seperti kegiatan memasak, musik, olahraga hingga make-up. Lebih dari sekadar berbagi inspirasi kegiatan ngabuburit, para selebriti tersebut juga akan mengajak penonton untuk berdonasi membantu masyarakat kecil yang terdampak COVID-19.

Dalam menyambut bulan Ramadan, Instagram juga melihat adanya peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Berdasarkan data internal Instagram, hashtag terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri yang paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia saat ini; antara lain #lebaran, #gamis, #dirumahaja, #hijab, #bajulebaran, #syari, #mukenacantik, #bajumuslim, #alwahijab, #bajumurah.

“Bulan Ramadan juga menjadi momen yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk tetap bisa bertumbuh dan menjaga kelangsungan bisnis mereka di tengah masa sulit seperti ini. Data-data hashtag ini dapat berguna bagi para pelaku bisnis saat membuat strategi promosi menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang,” pungkas Putri.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top