Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Terus Bertumbuh Secara Masif di Tahun 2020

Marketing.co.id – Berita UMKM | Youtap Indonesia menutup tahun pertamanya di 2020 dengan hasil yang positif dan sangat menjanjikan. Pelopor solusi digital serba bisa ini telah memproses lebih dari 2.5 juta transaksi dan diadopsi lebih dari 100 ribu pedagang dengan 40% dari merchant didominasi sektor kuliner seperti tempat makan dan kedai kopi.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan, tahun 2020 membawa tantangan tersendiri karena besarnya perubahan operasional bisnis dan kondisi industri di semua sektor. Namun situasi ini juga mendorong masyarakat untuk bisa semakin kreatif dalam beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga: GTB Targetkan Digitalisasi 250 Ribu UMKM Ritel

“Kami melihat ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja serta kualitas layanan dalam mendukung para merchant melalui fase pertumbuhan bisnis yang dinamis. Di sisi organisasi, kami juga merekrut SDM baru secara agresif agar dapat terus memberikan teknologi terbaik dengan dukungan personil yang berkualitas.”

Pemberdayaan Pelaku UMKM melalui Ekosistem

Upaya digitalisasi UMKM Indonesia juga digalakkan Youtap melalui berbagai langkah edukasi, termasuk juga bekerja sama dengan beberapa Pemerintah Kota untuk digitalisasi beberapa ekosistem UMKM strategis.

Di kuartal 4 2020 ini, Youtap bekerja sama dengan Dinas UMKM Kota Bandung, Dinas UMKM Kota Medan, dan Dinas KUKM Kabupaten Garut dalam mengedukasi UMKM binaan dan khalayak umum lewat webinar yang ditayangkan di media sosial.

Baca Juga: Teknologi Nirsentuh Jadi Pilihan Selama Pandemi

Dengan total merchant yang didominasi 98% para pelaku UMKM, pengguna Youtap tersebar di 411 kota dan kabupaten. Jumlah ini meningkat sebesar dua kali lipat dibandingkan semester pertama, 139 kota dan kabupaten.

“Ketika para pelaku usaha terpukul dampak pandemi, Youtap terus menghadirkan bantuan yang menyeluruh, mulai dari edukasi solusi digital, sosialisasi pemanfaatan transaksi non tunai, inovasi baru untuk adaptasi saat pandemi, hingga pembangunan fasilitas kebersihan melalui program Bersih Sehat Aman (BSA). Kami bersyukur upaya ini diterima baik para pelaku usaha. Untuk menyongsong tahun baru, kami siap untuk terus memberikan kontribusi kepada para pelaku UMKM,” tambah Herman.

Peluang di Masa Kebangkitan Ekonomi

Lebih lanjut Herman mengatakan, di penghujung tahun Youtap sedang uji coba beberapa layanan baru. Fitur ini sedang disiapkan untuk diluncurkan awal tahun 2021 dan akan menjadi fitur yang sangat menarik bagi para merchant, baik UMKM maupun enterprise. Layanan ini akan membuat merchant dapat melayani konsumennya dengan baik dan menjangkau lebih banyak peluang bisnis.

Baca Juga: Menjawab Kebutuhan On the Go UMKM Saat Pandemi

Optimis dengan kondisi di tahun depan, Herman yakin perkembangan bisnis di tahun depan akan sangat menarik. Berbeda dengan tahun ini, dimana semua bisnis masih belajar beradaptasi dan melakukan perubahan. Di 2021, semua sektor industri sudah akan jauh lebih tangguh dan siap mendorong pengembangan bisnisnya ke level yang lebih tinggi.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan program kerja sama dengan beberapa perusahaan FMCG besar serta penyedia layanan digital lain yang akan live dalam beberapa bulan kedepan. Dari segi operasional bisnis, kami juga akan mulai mengimplementasikan pengembangan dari core business. Semua program ini akan sangat menarik dan akan membawa peluang yang besar dalam mendorong bangkitnya roda perekonomian Indonesia. Kami sudah sangat siap untuk membantu memaksimalkan semua sektor industri memperoleh pencapaian terbaiknya di 2021,” tutup Herman.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top