Jurus Jitu Rider Meraih Top Brand Award

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

IMG-20130527-04590Ademmm beneerrr….”. Itulah kata yang diucapkan oleh Tora Sudiro sebagai bintang iklan produk pakaian dalam pria, yaitu Rider.

Di tahun ini Rider berhasil meraih TOP BRAND termasuk TOP BRAND for KIDS untuk kategori pakaian dalam dewasa dan anak.

Pada episode ke-4 acara live talkshow  “Seputar TOP BRAND” di Jak TV, pada Senin, Jam 20.00 – 21.00 WIB, 27 Mei 2013 lalu, tampil narasumber dari brand  “Rider”.

Hadir Hanan Supangkat selaku CEO Rider Group sekaligus generasi ke-4 dari keluarga pendiri Rider Group dan Budianto Datawinata selaku Senior Marketing Manager Rider Group (PT. Mulia Knitting Factory).

Acara ini dipandu oleh Lulu Lukmiyati sebagai host dan Suhartono Chandra sebagai co-host. Suhartono Chandra adalah Managing Director MARKETING Group. Turut hadir juga audience dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta untuk memeriahkan suasana talkshow malam itu.

Menurut Hanan,”Persaingan di industri underwear saat ini sangat ketat, banyak merek bermunculan. Rider sebagai pelopor industri underwear di Indonesia ikut merasakan imbas kemajuan perekonomian di Indonesia tentunya. Rider didirikan sejak 58 tahun yang lalu.”

Sedangkan menurut Budiyanto, “Bagi Rider, pesaing merupakan sahabat. Dengan adanya pesaing di industri underwear ini  justru menyehatkan bagi Rider sendiri. Bayangkan jika kita ikut lomba lari 100 m dan tidak ada pesaing lainnya, jadi kita mau apa saja terserah kita karena tidak ada yang dilawan,” tegasnya dalam menjelaskan makna pesaing dalam industri ini.

“Rider menerjemahkan pesaing dalam makna positif bukan negatif. Justru ini yang menyehatkan bagi bisnis Rider untuk selalu tumbuh, dan mengajak semua pesaing untuk berbisnis dengan cara sehat agar mampu memberikan produk terbaik bagi Indonesia,” tegas Budianto.

“Dalam perjalanannya, Rider juga mengalami proses naik turun sebagaimana bisnis lainnya, termasuk di  tahun 2008 Rider juga mengalami penurunan sebagai imbas krisis moneter yang dialami bangsa Indonesia saat itu. Rider berusaha selalu bangkit mengatasi hal itu dengan memperbaharui mutu dan  jenis produk agar bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada,” jelas Budianto.

“Dalam dua tahun terakhir ini Rider memang memfokuskan diri pada pasar anak muda (youth) usia 18 – 35 tahun degan produk unggulan dari jenis Rider Sport,” ujar Hanan.

“Produk Rider punya komitmen sejak tahun 1955 bahwa produk Rider terbuat dari bahan 100% cotton, karena di Indonesia sebagai negara beriklim tropis sangatlah butuh bahan yang mudah menyerap keringat. Itulah salah satu kunci kualitas produk Rider.”

Keberhasilan Rider terbukti dengan prestasinya meraih Top Brand Award selama 7 kali berturut-turut. Top Brand Award adalah perhargaan paling bergengsi yang menjadi identitas kebanggaan bagi merek-merek top di Indonesia .

Pada tahun 2013 ini, Rider berhasil meraih Top Brand for Teen untuk yang pertama kalinya.

“Tentunya prestasi ini sangat membanggakan dan perlu ditingkatkan ke depannya agar bisa meraih Top Brand Award di tahun mendatang,” ujar Budianto.

Logo Top Brand juga ditampilkan di setiap packaging semua produk Rider sebagai  jaminan kualitas bagi konsumen.

Tagline Rider juga berubah berawal dari “The power of Underwear” dan  sejak 5 tahun terakhir ini tagline Rider berganti  menjadi “Pakaian dalam untuk segala aktivitas” agar mencakup pasar yang lebih luas. Berbagai  aktivitas pun telah dilakukan oleh Rider baik ATL (Above The Line) melalui iklan dan BTL (Below The Line) seperti edukasi  ke sekolah-sekolah TK, SD  tentang bagaimana memilih produk yang terbaik di iklim tropis dan aman bagi anak dalam beraktivitas. Memberikan kesempatan para siswa atau komunitas untuk melakukan kunjungan pabrik ke Rider dan transportasi bus pun oleh Rider disediakan. Rider juga mengadakan program sunatan massal gratis sebagai program CSR.” Tegas Hanan Supangat.

Berbagai aktivitas online pun juga dilakukan Rider seperti di website, Facebook fanpages dengan jumlah “likes” sebesar 180 ribu untuk segmen adult dan 50 ribu pengunjung  untuk segmen kids. Juga Twitter dengan follower yang sangat besar, ditambah aktivitas online buying yang cukup besar, sesuai perkembangannya.

Di akhir sesi talkshow ini Hanan menegaskan bahwa, “Produk Rider merupakan produk yang sudah cukup lama, tentunya Rider ini adalah produk anak bangsa, yang kualitasnya terjamin, dan 6 tahun terbukti meraih Top Brand Award berturut-turut. Dan bisa meraih terus dari tahun ke tahun.” (Andria Wijaya)

1 COMMENT

  1. Congratulation Rider, salam Adem Beneeerrr…!!

    Follow Our Social Media
    Twitter : @rider_adembener
    Fanpage : riderlike & riderkidslike

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here