Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

5 Cara Ampuh Agar di Jauhi Penyakit

www.marketing.co.idMungkin Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan ‘Kekayaan yang paling berharga adalah kesehatan’ pastinya Anda setuju dengan pepatah ini. Karena dengan sehat, seseorang bisa melakukan aktivitas apapun, tapi sebaliknya jika seseorang itu sudah terserang penyakit maka tidak bisa berbuat apa-apa kecuali beristirahat.

Biasanya seseorang jika sudah terjangkit penyakit, pasti akan mengorbankan apapun agar bisa sembuh. Memang Tuhan itu maha adil, kenapa? Karena dengan merasakan sakit itulah, manusia baru merasakan arti nimatnya yang namanya ‘sehat.’

Memang pepatah ini pepatah kuno tapi perlu juga untuk mengingatkan arti pentingnya yang namanya sehat yakni ‘mencegah lebih baik dari pada mengobati.’

Berikut ada beberapa cara yang membuat kita akan terhindar dari berbagai penyakit.  Jika itu semua Anda lakukan, maka selebihnya berharap keberuntungan dan berdoa karena ada beberapa hal memang tidak bisa di hindari seperti kecelakaan yang di luar kemampuan manusia.

Inilah cara agar di jauhi dari berbagai penyakit yang  dilansir dari LiveScience.

1. Makan Serat

Perlu diketahui salah satu penyebab kematian terbesar adalah kanker, termasuk di dalamnya kanker di saluran pencernaan. Berbagai kotoran yang bisa memicu kanker di usus bisa dikurangi dengan cara mudah yakni banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur-sayuran.

2. Kurangi lemak

Tidak semua lemak itu termasuk jahat, ada beberapa lemak yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancar fungsi tubuh.  Lemak-lemak itu yang baik itu seperti terdapat di advocado, minyak zaytun, serta beberapa sayuran.

Sementara untuk lemak yang jenuh dan sangat berbahaya jika sering dikonsumsi seperti daging binatang. Makanan ini harus dibatasi jika Anda mau berumur panjang.

3. Jangan sering banyak duduk

Memang orang yang sering banyak duduk, kemungkinan penyakit akan sering datang. Orang yang sering banyak duduk kemungkinan besar karena tuntutan pekerjaan atau hanya sekedar nonton TV saja.

Coba biasakan untuk berolahraga kecil jika kita sudah kelamaan duduknya. Karena ada sebuah penelitian  duduk yang kurang dari 3 jam perhari sudah cukup untuk menambah usia sebanyak 2 tahun.

4. Minum kopi

Kata kopi sendiri yang berarti kekuatan yang digunakan sebagai makanan yang berenergi tinggi. Kopi sendiri sudah ditemukan oleh bangsa Etopia sejak 1000 SM sebagai minuman berkhasiat. Meski sebagian orang menganggap kopi bisi bikin jantung berdebar-debar, namun bagi sebagian orang lagi kopi mempunyai kandungan antioksidan.

Selain itu, kopi juga mempunyai rasa dan aroma yang menarik, kopi juga menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagi penyakit jantung.

5. Sering berjalan kaki

Jalan kaki adalah olah raga yang murah, aman dan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama-sama teman maupun pasangan. Jangan pernah menganggap remeh jalan kaki, karena tidak sedikit manfaat yang bisa  Anda dapatkan dari sekedar jalan-jalan.

Selain untuk melatih kesegaran jasmani, oksigen yang dihirup dan diedarkan akan melancarkan srirkulasi darah. Efeknya kondisi tubuh tak cepat lelah dan lebih cepat mengembalikan tubuh pada kondisi normal serta mengurangi stres.

Jalan kaki diklaim dapat menyehatkan:

  • Menyehatkan Jantung
  • Menurunkan hipertensi
  • Membantu menurunkan tekanan darah

Lakukan jalan kaki ini selagi Anda mampu untuk melakukannya.

Semoga cara ini bisa membantu Anda agar terhindar dari berbagai penyakit dan menjalani hidup sehat. Hanya mengingatkan saja ada pepatah Cina mengatakan ‘ Sebelum umur 30 tahun manusia mencari penyakit. Setelah umur 30 tahun penyakit mencari manusia.’ Maka jaga kesehatan selagi kita bisa. (HN)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top