Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Jumlah Pengguna Mitra Tokopedia Raih Posisi Pertama

Marketing.co.id – Berita Digital | Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir terjadi lonjakan dari aplikasi online to offline maupun sebaliknya (O2O). Indonesia sendiri melihat pertumbuhan dari berbagai aplikasi yang menyasar warung-warung tersebut – biasa dikenal dengan aplikasi ritel FMCG atau aplikasi Mitra.Mitra Tokopedia

Berdasarkan data App Annie Januari-Februari 2021, aplikasi Mitra Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama di kategori aplikasi ritel FMCG karena tercatat memiliki jumlah rata-rata pengguna aktif harian tertinggi.

Selain Mitra Tokopedia, aplikasi serupa seperti Mitra Bukalapak, Mitra Shopee, PAYFAZZ dan GrabKios turut terdaftar dalam kategori ini, masing-masing menempati peringkat dua hingga lima.

Menariknya, Mitra Tokopedia memimpin kategori aplikasi ritel FMCG dengan mencatatkan lonjakan rata-rata pengguna aktif harian pada platform Android hingga hampir 50% pada bulan Januari-Februari 2021 – jika dibandingkan dengan rata-rata pengguna aktif harian selama Q4 2020.

Melalui aplikasi-aplikasi ritel FMCG tersebut, tentunya pegiat usaha tradisional dapat menambah penghasilan dengan berjualan produk digital – seperti pulsa, token listrik, voucher game, pembayaran tagihan dll – maupun mengisi stok warung/toko dengan lebih efisien hanya melalui genggaman tangan.

Baca juga: 2 Inisiatif Tokopedia untuk Meningkatkan Daya Saing UKM Lokal di Pasar Nasional

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mencatat, jumlah warung tradisional di Indonesia telah mencapai lebih dari 3,5 juta pada tahun 2019. Pemerintah pun telah memperkenalkan berbagai program yang dapat membangkitkan sektor usaha penopang ekonomi kerakyatan ini.

Pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis adalah bagian dari UMKM lokal yang berkontribusi lebih dari 60% pendapatan negara dan otomatis punya dampak besar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi.

Selain mendorong pemulihan perekonomian Indonesia, kolaborasi antara pemerintah dan pengembang aplikasi ritel FMCG terus dibutuhkan guna membantu para pegiat usaha tradisional mengembangkan usaha mereka di tengah pandemi COVID-19.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top