Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

JobStreet: Gaji Jadi Pertimbangan Utama Pria dalam Karir

jobstreetTidak ada karyawan yang menginginkan bayaran rendah, tentu semuanya ingin diberikan upah yang tinggi. Hanya saja dalam menentukan karir yang dijalaninya, pria lebih mempertimbangkan gaji ketimbang wanita.

Hal tersebut tergambar jelas lewat survei yang dilakukan oleh salah satu situs rekrutmen digital yang terkemuka di Asia-Pasifik, JobStreet. Menurut mereka, sebanyak 63.42% pria di Indonesia menginginkan bekerja di perusahaan yang memberi gaji tawaran lebih tinggi. Sebaliknya, untuk wanita gaji bukanlah yang utama, terbukti hanya 36.58% dari mereka yang tertarik pada bayaran yang lebih tinggi.

Meski persentase antara pria dan wanita dapat dikatakan jauh, tapi ternyata untuk rata-rata seluruh karyawan di Indonesia, semuanya ingin dibayar dengan harga yang tinggi. Ya, 94.23% dari seluruh karyawan di Indonesia mengamini bahwa gaji adalah fokus utama mereka.

Jumlah tersebut menegaskan bahwa pesona gaji memang tidak bisa dipungkiri, setiap orang menginginkan pendapatan yang lebih. Di sisi lain, sebesar 5.56% koresponden menyatakan biasa saja dan tidak menjadikan gaji sebagai patokan utama mereka mencari pekerjaan, dan 0.21% koresponden menyatakan besarnya gaji tidak penting bagi mereka.

Ketika dibandingkan dengan empat faktor lain seperti nama besar perusahaan, benefit, lokasi pekerjaan, dan job description pun gaji masih menjadi pilihan utama bagi para job seeker di Indonesia.

Sebanyak 33.14% menegaskan bahwa gaji adalah yang utama, kemudian barulah job description (25.73%) dan nama perusahaan (25.64%). Baru disusul oleh lokasi pekerjaan dengan 10.06%, kemudian benefit 5.43%.

Survei tersebut dilakukan kepada 18.275 karyawan di Indonesia, dengan diikuti oleh 40.21% senior staff, 27.23% junior staff, 17.26% manager, 9.25% fresh graduated, dan 6.05% senior manager ke atas.

Pentingkah Gaji

Dengan melihat hasil survei di atas, JobStreet menjelaskan bahwa para pencari kerja lebih tertarik pada iklan lowongan kerja yang mencantumkan besarnya kisaran gaji pada suatu posisi pekerjaan. Diharapkan, ke depannya tiap perusahaan akan mencantumkan kisaran gaji pada iklan lowongan pekerjaan dalam mencari kandidat terbaik, karena adanya kisaran gaji pada iklan lowongan akan mempermudah kedua belah pihak.

Para pencari kerja hanya akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang mereka harapkan. Sedangkan perusahaan hanya akan memilih kandidat yang meyebutkan gaji yang diminta seperti yang tercantum dalam iklan yang mereka tayangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top