Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Jika Calon Pelanggan Tidak Tertarik, Sales Harus Bagaimana?

Apa yang harus dilakukan seorang sales bila calon pelanggannya mengatakan: “Saya tidak tertarik”?

Bukankah ini adalah jawaban yang sangat umum dan sering dialami oleh setiap orang sales saat menawarkan produk atau jasa kepada calon prospeknya?

Lalu, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Apakah harus terus dikejar sampai pelanggan mau atau…?

Ada begitu banyak pertanyaan yang timbul atas sebuah respons sederhana dari seorang calon pelanggan.

Di saat ada begitu banyak orang sales yang berjuang mencari pelanggan, di sisi lain kita melihat ada beberapa orang sales yang hanya duduk diam, tetapi pelanggan menghampiri mereka dan mengatakan bahwa mereka mau membeli produk/jasa yang dijualnya. Bila tidak percaya, coba lihat antrean ratusan orang saat iPhone meluncurkan produk baru, atau pameran otomotif dan pameran travel yang selalu ramai dikunjungi para pemburu paket liburan.

interest pelanggan

Kita melihat sebuah paradoks dari pelanggan, yaitu ada yang begitu kerasnya menolak dan ada yang begitu gampang mengeluarkan uang. Ternyata jawaban dari pertanyaan ini hanya satu hal, yaitu “interest”.

Interest memiliki arti perhatian, minat, kepentingan. Seorang yang sudah tertarik, berminat, dan memiliki kepentingan akan dengan cepat mengambil keputusan. Demikian juga sebaliknya; bila tidak tertarik dan berminat, jangan harap ia mau membuka dompetnya dan membayar apa yang Anda tawarkan.

Karena itu diperlukan cara agar setiap orang sales mampu menemukan atau membuat orang menjadi interest dan bukan sebaliknya, mengatakan “I’m not interested”.

Untuk membuat pelanggan interest maka orang sales perlu membangun image yang baik. Berikut ini adalah cara membangun image yang baik dan membuat pelanggan tertarik.

Spesialis

Spesialis adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam sebuah bidang yang diperoleh dari pelatihan/pendidikan khusus. Keuntungan yang diperoleh apabila Anda merupakan tipe spesialis yaitu bisa menciptakan personal brand yang akan dengan mudah dikenali orang lain.

Saya sering bertemu orang sales yang menyebut dirinya dengan sebutan sales “palugada” yang berarti “apa elu mau gua ada”. Tetapi pertanyaannya; bila ingin membeli motor, apakah Anda akan mencari sales motor atau sales palugada? Bahkan toko serba ada pun sebenarnya tidak menjual semua produk. Pelanggan lebih tertarik bertemu dengan seorang sales yang ahli di bidangnya, bukan yang tahu semua hal tapi hanya kulitnya dan tidak mendalam.

Portofolio

Secara umum, portofolio diartikan sebagai kumpulan dokumen dari seseorang, kelompok, organisasi, perusahaan, dan sejenisnya yang bertujuan mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada konteks seorang sales, portofolio adalah kumpulan dokumen dan tulisan yang Anda susun dengan baik untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman yang tepat dan layak dipercaya oleh pelanggan untuk mendapatkan order.

Saat ini pelanggan bisa dengan mudah melihat portofolio seorang sales cukup dengan melihat profil dan postingan mereka di media sosial. Maka sangatlah aneh bila seorang sales mobil selalu posting makanan dan minuman serta hal yang aneh-aneh tanpa pernah mem-posting hal-hal yang berhubungan dengan kemampuannya dalam membuat pelanggan puas saat membeli mobil atau mengedukasi calon pelanggannya.

Apa yang Anda posting itulah gambaran portofolio Anda. Pelanggan akan interest dan mencari Anda bila mereka tertarik dengan portofolio Anda.

Komunitas

Komunitas merupakan sekelompok orang yang peduli satu sama lain, di dalamnya terjadi relasi pribadi yang erat antarpara anggota karena adanya kesamaan interest atau values. Faktor kedekatan antar-anggota komunitas membuat mereka lebih percaya kepada anggotanya. Bila seorang sales aktif dalam berbagai komunitas maka ia akan lebih dikenal dan lebih dipercaya.

Selamat mempraktikkan SPK (Spesialis, Portofolio, Komunitas) untuk mendapatkan lebih banyak SPK (surat persetujuan konsumen).

Happy selling!

 

Dedy Budiman
Champion Sales Trainer
dedy@dedybudiman.com

MM.11.2018/W

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top