Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Jebakan Tanpa Nama

Orang cenderung menggunakan singkatan untuk menyebutkan suatu nama. GE sering disebut untuk menggantikan General Electric. IBM untuk International Business Machines. Supaya nama perusahaan bisa lebih merakyat dan lebih mudah diucapkan, banyak perusahaan mengubah nama resmi mereka menjadi serangkaian dua sampai tiga huruf saja. Tindakan ini mungkin kurang bijaksana.

Perusahaan yang sudah terkenal secara mendunia mungkin bisa memakai nama berupa singkatan dan konsumen akan mengartikannya sendiri di dalam benak mereka. Ketika mereka mendengar “GM”, mereka akan otomatis mangatakan General Motor. Walaupun tergantung daerahnya, GM bisa berarti General Motor atau bakmi Gajah Mada. Tetapi, perusahaan yang kurang dikenal cenderung bisa kehilangan identitasnya ketika mereka menggunakan nama singkatan. Kebanyakan orang tidak tahu atau tidak mengerti apa bisnis, produk atau jasa yang bisa ditawarkan oleh perusahaan dengan nama USM atau AMP misalnya.

Hal yang sama juga berlaku dengan nama orang. Walaupun orang-orang terkenal bisa dikenal berdasarkan singkatan nama mereka, misalnya FDR atau JFK, itu bisa terjadi hanya karena mereka sudah terkenal terlebih dahulu, baru mereka menyingkat namanya. Orang yang ingin namanya dikenal disarankan agar menggunakan nama yang sebenarnya daripada hanya menggunakan singkatan nama depan dan belakang. Alasan utama mengapa singkatan tidak membuat terkenal secara otomatis adalah karena otak manusia bekerja berdasarkan suara dan visual, bukan dengan ejaan.

Kebanyakan perusahaan mulai menjual satu macam produk, lalu nama perusahaannya biasanya disesuaikan dengan produk tersebut. Seiring waktu perusahaan bertumbuh pesat, nama/merek asli mereka mulai terasa membatasi gerak. Perusahaan yang berniat untuk memakai nama yang lebih general, sebaiknya memilih nama yang lebih pendek yang terdiri atas kata-kata, bukan singkatan. Misalnya untuk nama Trans World Airlines, mereka lebih suka menyingkatnya menjadi Trans World daripada menghilangkan semua kata-kata dan menggunakan singkatan TWA.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top