Jawara-jawara Digital Marketing Award 2012

www.marketing.co.id – Digital Marketing Award (DM Award) salah satu penghargaan di dunia digital yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang mampu mengembangkan fondasi digital (digital paltforn) dalam bentuk website dan juga penghargaan diberikan kepada merek-merek produk digital terbaik yang berhasil memenuhi kepuasan konsumen.

Itulah sebabnya DM Award menjadi sebuah “recognition for future business” yang menunjukan keunggulan merek untuk bersaing di masa depan.

DM Award merupakan penghargaan yang dikeluarkan oleh Majalah MARKETING dan lembaga survei independen SurveyOne. DM Award dihasilkan melalui penilaian dari para heavy user di dunia digital dan konsumen produk-produk digital. Oleh karenanya pemenang DM Award adalah murni dihasilkan dari hasil riset dan opini konsumen.

Di samping itu, DM Award ditujukan sebagai bentuk penghargaan terhadap future leader company yang siap menghadapi era digital dan memenuhi kebutuhan konsumen di masa depan. Event ini juga bisa menjadi ajang benchmarking untuk melihat kinerja perusahaan dibanding pesaing dalam menjalankan digital marketing.

Dalam DM Award tahun ini ada kategori Website & E-Commerce yang terbagi menjadi 43 kategori dan kategori Digital Product yang terbagi menjadi 25 kategori.

Memang untuk menjadi jawara di DM Award tahun ini ada beberapa persyaratan yang harus dilalui bagi para perusahaan-perusahaan maupun merek-merek yang akan mendapat penghargaan tersebut.

Kategori Digital Product

Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek produk digital terbaik yang berhasil memenuhi kepuasan konsumen dalam lima aspek:

  • Reliability
  • Durability
  • Feature
  • Design
  • Easy to get

Kelima aspek ini ditanyakan kepada 1.000 responden di  4 kota besar seperti:

  • Jakarta
  • Bandung
  • Surabaya
  • Medan

Mereka adalah user dari produk-produk digital. Metodologi sampling yang digunakan adalah multistage random sampling.

Penilaian dilakukan terhadap kelima dimensi tersebut dengan melihat persentase frekuensi dari tiap-tiap dimensi, yang kemudian dirata-rata untuk mendapatkan indeks. Untuk mendapatkan DM Award produk tersebut haruslah memenuhi kriteria tertentu dalam suatu kategori yakni:

  • Mendapatkan indeks minimal 10%
  • Menempati posisi top 2 dalam kategori produknya

Jawara dalam kategori Digital Product diantaranya:

  • Kategori Handycam jawaranya Sony dan Canon
  • Kategori MP3/MP4 Player Digital jawaranya iPod dan Sony
  • Kategori Smartphone jawaranya BlackBerry dan Samsung
  • Kategori Hardisk Internal jawaranya Seagate dan Acer

Kategori Website E-Commerce

Untuk kategori Website dan E-Commerce, ada dua bentuk penghargaan yang diberikan, yakni penghargaan  “Top Website dan E-Commerce Performance”. Ini adalah penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang berhasil meletakan fondasi digital (digital paltforn) dalam bentuk website. Untuk website terdiri atas perusahaan B to C dan perusahaan B to B.

Dalam penghargaan ini, komite telah memilih 100 orang pengamat (observer) yang terdiri dari orang-orang terpilih yang merupakan heavy user  dalam dunia internet, dan memilih kapabilitas dalam menilai kinerja website dan mereka adalah:

  • Profesional (40%)
  • Mahasiswa (30%)
  • Jurnalis (30%)

Selain itu, mereka diminta untuk masuk kelima nominasi website dari tiap-tiap kategori dan melakukan penilaian atas enam aspek yakni:

  • Content
  • Context
  • Connection
  • Customization
  • Community
  • Commerce

Penilaian dilakukan terhadap keenam aspek tersebut dengan menggunakan skala tersebut dengan menggunakan skala likert (1=sangat tidak setuju sampai 5=sangat setuju). Website yang mendapatkan skor rata-rata pada posisi top 2 dalam kategorinya.

Jawara dalam ketegori  Website dan E-Commerce diantaranya:

  • Kategori Tiket Online jawaranya PT Raja Karcis dan Tiket.Com
  • Kategori Toko Elektronik Online jawaranya PT Glodok Sukses Niaga Internusa dan PT Bhinneka Mentari Dimensi
  • Kategori Travel Agen Online jawaranya  PT Hikari Multi Dinamika dan PT Bayu Buana
  • Kategori Online Shop jawaranya PT Darta Media Indonesia (Kaskus) dan PT Toko Bagus

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.