Jaringan 4G XL Axiata Hadir, Masyarakat Pulau Alor Lebih Produktif

Marketing.co.id РBerita Digital | Dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, XL Axiata semakin gencar membangun jaringan 4G hingga ke wilayah pelosok-pelosok serta pulau-pulau kecil yang belum terjangkau.

Baru-baru ini XL Axiata membangun jaringan 4G di Pulau Alor, NTT. Kini jaringan 4G di NTT ditopang oleh lebih dari 850 unit BTS 4G yang berarti 60% telah terlayani dari total kecamatan yang ada sekitar 188 kecamatan di 22 kota/kabupaten.

Dodik Ariyanto, Regional Group Head East XL Axiata mengatakan, “Pulau Alor dan sekitarnya menjadi salah satu target penguatan jaringan 4G di NTT seiring dengan komitmen XL Axiata untuk mendorong perekonomian di area-area terpencil melalui sarana digital dan internet cepat. Jaringan ini telah beroperasi sejak Oktober 2018 lalu. Selain Alor,

Seorang teknisi melakukan pemeriksaan di salah satu BTS yang ada di Pulau Alor, NTT. Kini jaringan 4G XL Axiata di NTT ditopang oleh lebih dari 850 unit BTS 4G. Dari total kecamatan yang ada di NTT, sekitar 188 kecamatan di 22 kota/kabupaten atau 60% telah terlayani jaringan 4G. Foto: Ist.

4G juga menjangkau pulau Flores, Sumba, Lembata, Timor hingga pulau Rote.”

Sementara itu Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, meyebutkan jaringan XL Axiata di Pulau Alor ditopang oleh 30 unit BTS 4G. Masing-masing BTS bisa melayani maksimal hingga 400 pelanggan dalam waktu bersamaan dan memiliki daya jangkau dalam radius hingga 2 km.

Sejak mulai beroperasi pada bulan Oktober 2018 lalu, trafik layanan data di Pulau Alor terus meningkat. Dalam 2 tahun terakhir trafik meningkat hingga 16 %.

Selain membangun jaringan 4G, XL Axiata juga gencar membangun backbone melalui jalur kabel fiber optik di NTT. Hingga saat ini XL Axiata telah memiliki lebih dari 1.100 km jalur kabel fiber optik yang telah melalui Provinsi NTT termasuk jalur yang melewati Kabupaten Alor.

Saat ini, fiberisasi di NTT telah mencapai 33% dari total BTS 4G yang ada. Khusus BTS di Ibukota Propinsi NTT, Kota Kupang, fiberisasi sudah mencapai 100 %. Dari total pelanggan XL Axiata di NTT, 90% di antaranya merupakan pelanggan yang aktif menggunakan data XL Axiata.

XL Axiata sudah hadir di NTT sejak tahun 2017, dan hingga saat ini jaringan 4G telah hadir di 22 kota/kabupaten, dengan dukungan total lebih dari 850 BTS 4G dari total 1.700 BTS.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.