Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Jangan Sampai Bisnis Mengambil Alih Hidup Anda

Marketing.co.id- Kita bekerja bukan sekedar untuk menghasilkan uang. Bagi banyak dari kita, apa yang kita lakukan adalah representasi dari siapa kita, bagaimana kita memandang diri kita sendiri, dan bagaimana kita dipandang oleh orang lain.

Bekerja memungkinkan kita untuk merasa seperti masyarakat yang produktif dan merupakan tahap utama dari interaksi sosial kita.

Namun, ketika pekerjaan mulai mengambil alih kehidupan kita maka konsekuensinya dapat menghancurkan.

Stress kerja dan penyakit serius

Sejumlah penelitian menemukan hubungan kerja ke jantung, depresi dan penyakit kecemasan. Beberapa peneliti bahkan meyakini bahwa stres merupakan penyebab utama dari 60 sampai 90 persen dari semua penyakit di Amerika. Dengan kata lain pekerjaan Anda perlahan-perlahan dapat membunuh Anda….

Di sinilah konsep keseimbangan kerja dan kehidupan mulai dipikirkan banyak orang. Namun, sangat sedikit dari mereka yang menganut prinsip-prinsip utamanya.

Uang versus kebahagiaan

Mengapa kita bekerja keras? Mengapa kita tinggal berjam-jam lamanya di sebuah gedung kantor yang dingin sambil memandangi komputer?

Nah, untuk uang….

Sebuah penelitian terkenal dari Princeton menemukan bahwa uang memang bisa membeli kebahagiaan, tetapi hanya sampai batas tertentu (tidak abadi).

Rata-rata, setelah seseorang memperoleh pendapatan tahunan sekitar $ 75.000, kebahagiaan mereka tidak lagi terkait dengan kekayaan mereka. Dengan kata lain, angka itu tampaknya mewakili ketika kebanyakan orang tidak lagi harus terlalu khawatir dengan tekanan finansial dan mencari cara lain untuk memenuhinya.

Kecuali jika Anda berharap menang lotre atau mengharapkan warisan yang besar dalam waktu dekat. Kebanyakan dari kita harus bekerja untuk  uang kita. Jadi pertanyaannya apakah uang dapat membeli kebahagiaan dan seberapa keras aku bersedia untuk bekerja? Apakah aku bersedia untuk berkorban untuk memperoleh kekayaan dan gaya hidup yang saya inginkan?

Sosiolog Arthur C. Brooks membuat observasi menarik bahwa orang dengan penghasilan tinggi tidak menjamin kebahagiaan orang tersebut.

Benar, bahwa kenaikan gaji yang tinggi dapat meningkatkan kita pada level kekayaan yang baru. Namun, anda akan kembali bekerja untuk menetapkan tujuan yang lebih tinggi.

Dia juga menemukan bahwa tidak peduli berapa banyak kekayaan materi yang mereka akumulasi, bahkan jika mereka sudah mencapai target mereka di usia muda, mereka akan menetapkan target yang lebih tinggi lagi.

Misalnya, pada usia 30 mereka merasa sukses ketika memiliki rumah dan mobil sendiri. Apa yang perlu kita perhatikan adalah tujuan hidup yang dangkal jarang sekali menimbulkan rasa puas.

Bagaimana mencegah stress? Keseimbangan

Cukup jelas namun jarang diperhatikan. Keseimbangan merupakan sesuatu yang berbeda bagi setiap orang, jadi duduk dan evaluasi kehidupan pekerjaan dan sosial Anda. Tentukan apa yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan tanpa stres.

Cabut dan bersantai

Sangat sulit untuk menghindar dari kehidupan kerja kita. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Cabut kabel komputer jika memang harus melakukannya! Bagian penting dari ini adalah mencari kegiatan yang tidak melibatkan suatu bentuk komunikasi elektronik.

Makanan sehat= kesehatan tubuh dan pikiran

Perubahan pola makan dapat memberikan beban energi yang lebih serta merubah suasana hati Anda. Bukan hanya itu, tapi ini mengarah ke arah yang lebih baik untuk pencapaian kinerja. Juga termasuk dalam hal ini tidur yang cukup. (VO/CS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top