Wisatawan Lebih Suka Pesan Hotel Langsung di Website dan Aplikasi Ketimbang OTA

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Wisatawan Gen Z dan Milenial lebih banyak berlibur untuk healing dari stress, sementara Gen X ingin lebih banyak mendapatkan quality time bersama keluarga.

Wisatawan Gen Z dan Milenial lebih banyak berlibur untuk healing dari stress, sementara Gen X ingin lebih banyak mendapatkan quality time bersama keluarga.

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan Milenial lebih banyak memutuskan berlibur untuk tujuan healing dari stress (67%) menurut survei RedDoorz Indonesia. Sementara itu, wisatawan Indonesia dari kelompok Gen X berlibur dengan alasan ingin lebih banyak mendapatkan quality time bersama keluarga (57%).

Survei yang dilakukan pada akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024, tersebut dilakukan untuk mengetahui perilaku wisatawan Indonesia dalam berlibur sepanjang tahun 2023. Survei ini melibatkan responden dari kelompok Gen-Z dan Milenial (usia 14-42 tahun) dan kelompok Gen X (usia 43-50 tahun) yang menjadi pelanggannya. Selain berbeda dalam alasan berlibur, dua kelompok wisatawan ini ternyata memiliki perilaku berbeda dalam mencari sumber referensi dan inspirasi liburan.

Kelompok wisatawan Gen Z dan Milenial lebih suka mencari inspirasi liburan langsung dengan membuka media sosial (73%). Sementara kelompok wisatawan Gen-X masih senang mencari sumber-sumber inspirasi liburan lewat Google. Untuk pemilihan destinasi berlibur, Yogyakarta & Bandung menjadi destinasi paling favorit sepanjang 2023, yang dipilih ketiga kelompok wisatawan ini.

Dalam hal pemilihan momen atau waktu liburan, ketiga kelompok wisatawan ini ternyata lebih suka menghabiskan waktu libur di tiga momen penting, seperti libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru  (40%),  libur sekolah (38%), dan libur cuti Hari Raya Idul Fitri (37%). Dan, rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan untuk liburan bagi Gen Z dan Milenial adalah tiga hari, sedangkan Gen X cenderung menghabiskan waktu libur lebih lama hingga tujuh hari.

Temuan menarik lainnya adalah wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan Milenial lebih suka merencanakan liburan secara spontan atau mendadak (41%). Adapun wisatawan kelompok Gen X tetap merencanakan liburan beberapa bulan sebelumnya (29%).

Perilaku wisatawan Gen Z dan Milenial yang merencanakan liburan secara spontan ini kemudian berpengaruh pada kebiasaan mereka dalam hal melakukan pemesanan (booking) kamar hotel. “Hal ini terlihat dari tingginya angka wisatawan yang memesan hotel RedDoorz pada H-1 hingga di hari yang sama saat menginap,” jelas Cut Nany, Head of Integrated Communications RedDoorz.

Lebih banyak yang direct booking ketimbang lewat OTA

Dari hasil survei tersebut juga diketahui jika tamu hotel RedDoorz lebih banyak yang melakukan direct booking lewat website dan aplikasi (60%) ketimbang lewat Online Travel Agent (33%). “Hal ini dipengaruhi oleh teknologi pada website dan aplikasi booking yang user-friendly dan mudah digunakan,” kata Cut Nany.

Menurut Cut Nany, meski hotel budget masih menjadi pilihan banyak wisatawan pada umumnya, akan tetapi kelompok milenial juga memiliki preferensi akomodasi liburan yang lebih variatif, mulai dari budget hotel hingga villa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here