Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Jamin Produk Original dan Berkualitas

Marketing.co.id – Macthwatch berkomitmen menyediakan jam tangan original dan berkualitas, serta menjamin kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan penggantian unit dan penyamaan harga sejenis yang lebih murah.

Kini fungsi jam tangan bukan hanya sebagai penunjuk waktu. Benda ini telah menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya, bahkan menjadi simbol status seseorang. Alhasil, pemilihan jam tangan adalah sesuatu yang cukup penting.

Memilih jam tangan berkualitas dan sesuai keinginan pengguna, baik dari model, fungsi, bahan, dan merek, sebenarnya bukanlah hal yang sulit di era e-commerce. Pasalnya, banyak pelaku e-commerce yang menawarkan jam tangan original dan branded secara online, salah satunya Machtwatch melalui situs www.jamtangan.com.

Paul Cahyadi, Managing Director Machtwatch, menuturkan Jamtangan.com didirikan pada tahun 2014 dengan visi menjadi toko online jam tangan nomor 1 di dunia. “Jamtangan.com menyediakan jam tangan berkualitas dengan harga yang paling terjangkau,” ujarnya.

Untuk meyakinkan pelanggan akan keaslian produk sekaligus menjawab tantangan dari maraknya peredaran jam tangan palsu serta banyaknya penipuan online, maka pada tahun 2016 Jamtangan.com mulai mendirikan toko offline yang bernama Machtwatch di Blok M.

Machtwatch kini berkembang pesat dan memiliki gerai di beberapa kota di Indonesia bersamaan dengan eksistensi website dan mobile app. “Kami menyasar usia produktif dari semua gender SES A-B. Total ada delapan gerai di Jakarta, Bekasi, Surabaya, Mojokerto, Jember, dan Banyuwangi, dan akan terus bertambah,” jelas Paul.

Machtwatch menyediakan semua merek jam tangan yang merupakan best seller di Indonesia, mulai dari Casio, Seiko, AC, Fossil, Tissot, Mido, Oris, dan lainnya. Total tersedia lebih dari 50 merek jam tangan dengan lebih dari 22.000 model.

Beragam keunggulan yang ditawarkan Machtwatch dibanding pesaing yakni merupakan satu-satunya toko online jam tangan yang memberikan jaminan 100% customer satisfaction. Pembeli dijamin mendapatkan produk original dengan kondisi yang baik.

Apabila tidak puas dengan produk yang diterima, pembeli dapat mengajukan “refund” atau penggantian barang. Selain itu, Machtwatch juga memberlakukan “price match guarantee” berupa penyamaan harga, jika pembeli menemukan harga produk sejenis yang lebih murah.

Saat ini situs Machtwatch dikunjungi sekitar 80 ribu─90 ribu visitor per hari, dan ​website member​-nya sudah mencapai 300 ribu pengguna yang tersebar di seluruh kota, bahkan telah menjangkau hingga area terpencil di Indonesia.

Selain di Indonesia, Machtwatch juga punya banyak pelanggan dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat, Inggris, dan Hong Kong, karena toko ini memiliki banyak sekali koleksi limited edition watch dan koleksi vintage watch.

“Machtwatch memberlakukan satu harga untuk online dan offline. Secara statistik hingga 2019, rasio penjualan online 70%, marketplace 15%, dan offline store 15%,” beber Paul.

Menyoal strategi pemasaran, Machtwatch mempunyai dua mekanisme pemasaran yang dilakukan; secara inbound maupun outbound. Untuk inbound marketing, Machtwatch menjalankan brand activation​ berbasis konten hampir di semua lini social media yang ada, terutama di Instagram dan Youtube.

Dari sana, Machtwatch berupaya untuk mendekatkan diri kepada konsumen melalui pemberian konten yang informatif, edukatif, dan ​relatable​ dengan keseharian mereka. Sedangkan untuk outbound marketing, Machtwatch beriklan via billboard di pusat kota, social media advertising, Google Ads, hingga membuat promo-promo menarik pada event tertentu secara offline dan online.

“Sebagai e-commerce yang sedang berkembang dengan pesat, Jamtangan.com ditargetkan  menjadi situs jam tangan terbesar di dunia. Untuk mencapainya, Machtwatch terus melakukan pengembangan teknologi, seperti sistem inventory, accounting, dan human resource. Termasuk fokus pada pengembangan SDM, terutama pada technical skills,” pungkas Paul.

 

Artikel ini pernah dimuat di Majalah MARKETING edisi April 2020

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top