Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Jam Tangan Kini Semakin Cerdas

Jam tangan, fungsi dasarnya adalah alat penunjuk waktu. Namun seiring berkembangnya dunia digital, kini jam tanganpun turut berkembang menjadi lebih “cerdas”.

Di paruh 2014, wearable device ini mendapat cukup banyak perhatian. Ada 3 jam tangan cerdas yang layak diperhitungkan:

Pebble Smartwatch. Berawal dari proyek crowdfunding di Kickstarter, jam tangan ini berhasil meraih simpati khalayak. Keistimewaannya terletak pada kompatibilitasnya dan itu membuatnya layak dilirik untuk dicoba. Menggunakan Pebble OS, namun Pebble Smartwatch ini kompatibel dengan iOS dan Android. Pernah dijuluki sebagai The Best Smartwatch of 2014, jam tangan cerdas ini dibanderol dengan harga USD 249 per biji.

pebble-watch

Secara komersial, Pebble ini tergolong sukses. Hanya beberapa jam setelah diumumkan di Kickstarter, mampu mendapat pesanan 68.000 unit, dengan nominal terkumpul sebesar USD 10 juta.

Keistimewaan Pebble adalah mampu berdiri sendiri (stand alone) namun juga mampu menjadi perpanjangan (extension) dari smartphone Anda. Seperti disebut di atas, Pebble OS yang terinstal di dalamnya menjadikan jam tangan cerdas ini juga kompatibel dengan iOS dan Android.

Martian Smartwatch. Jam tangan cerdas ini berpenampilan cukup elegan, perpaduan klasik dan teknologi modern. Berbeda dengan Pebble yang merupakan stand alone device, Martian ini merupakan ekstensi dari smartphone. Walaupun demikian, Martian menawarkan juga kemampuan menerima perintah berdasar suara (voice command), display pesan atau peringatan-peringatan, dan kendali atas kamera smartphone. Cukup keren untuk bergaya.

martian-smartwatches

Sebagaimana Pebble, Martian ini juga berawal dari proyek crowdfunding di Kickstarter. Bedanya, Martian benar-benar hanya ditujukan sebagai ekstensi smartphone, bukan seperti Pebble yang bisa ditempatkan sebagai pengganti smartphone.

Bagaimana dengan harga? Dibanderol pada USD 299 per unit.

Sony Smartwatch SW 2. Seperti Anda duga, dari namanya udah ketahuan bahwa jam tangan cerdas ini keluaran Sony. Merupakan upgrade dari Sony Smartwatch 1 SW1, jam tangan cerdas seri 2 ini mengusung kemampuan interkoneksi tak hanya dengan Android namun juga dengan iPhone.

Jam tangan cerdas ini tahan air, sudah punya teknologi NFC untuk pairing dengan perangkat lain, dan harganya cukup rasional USD 149.

 sony-smartwatch-2

Pasar jam tangan cerdas boleh dibilang masih dalam masa pertumbuhan. Boleh dibilang belum ada model standar yang bisa dijadikan patron. Tantangan berikutnya bagi produk jenis ini adalah penyediaan aplikasi berlimpah yang dapat diunduh untuk menyenangkan penggunanya. Aplikasi yang ada sekarang mungkin terasa terbatas. (Dari berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top