Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Jakarta, Kota Potensial Dalam Ekosistem Startup Global

Marketing – Menurut laporan berjudul Global Startup Ecosystem Report 2019 (GSER) yang dirilis oleh Startup Genome pada Mei 2019, dimana Jakarta merupakan penantang terkuat (challenger) sebagai kota dengan ekosistem startup potensial di kancah global atau The Next Top 30 Global Startup. Selain itu, Jakarta setara dengan kota-kota besar seperti Seoul, Moscow, dan Tokyo.

Salah satu indikasi pertumbuhan positif tersebut karena Jakarta merupakan rumah bagi 4 perusahaan dengan nilai valuasi lebih dari US$1 miliar (unicorn), yakni Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan Bukalapak. Bisa dikatakan, lahirnya empat unicorn tersebut merupakan jumlah yang cukup signifikan mengingat di Asia Tenggara hanya tujuh startup yang berhasil masuk ke jajaran unicorn – termasuk empat dari Indonesia tersebut.

Terkait itu, BEKRAF bersama Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) yang telah memulai inisiatif untuk membawa kota-kota di Indonesia masuk ke jaringan ekosistem startup global. Joddy Hernady, Ketua Umum MIKTI mengatakan, “MIKTI mendukung perkembangan ekosistem startip global melalui program pengembangan komunitas, pengembangan talenta, penyiapan founder startup, inkubasi, dan pengembangan aspek pendukung lainnya.”

Masih berdasarkan Startup Genome, menilai Indonesia memiliki tingkat adopsi teknologi internet dan mobile yang sangat tinggi, yang terlihat dari 75% dari transaksi belanja online dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Selain itu, laporan GSER menyebutkan subsektor paling unggul di Jakarta adalah industri fintech.

Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF menyambut positif hal tersebut, “Indonesia kini memiliki empat Unicorn yang telah memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Indonesia perlu membangun ekosistem startup bertaraf global untuk menghasilkan lebih banyak startup yang, akan memberikan kontribusi kepada ekonomi, khususnya ekonomi kreatif dan ekonomi digital,” ungkapnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top