Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Guna mendorong perekonomian daerah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika bersama dengan ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, memberdayakan masyarakat lokal pada event MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Pirelli Indonesian Round yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, The Mandalika, Lombok, NTB pada 19-21 November.
Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menuturkan, “Event WSBK ini bukan hanya milik ITDC, tapi milik semua. Kami harapkan masyarakat NTB dapat turut berkontribusi dan menjadi bagian dalam penyelenggaraan event WSBK. Oleh karena itu, kami telah merekrut tenaga kerja lokal untuk membantu kami dalam penyelenggaraan event baik dalam persiapan maupun saat berlangsungnya event. Kebijakan yang kami jalankan ini telah kami diskusikan dan kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait baik Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah, maupun Kepala Desa Enam Desa Penyangga The Mandalika.”
Sebanyak 1.475 orang warga NTB, termasuk warga dari enam desa penyangga The Mandalika (Desa Kuta, Desa Sengkol, Desa Sukadana, Desa Rembitan, Desa Mertak, dan Desa Prabu) telah direkrut untuk terlibat dalam event WSBK. Tenaga kerja ini bertugas sebagai petugas marshal, COVID-19 safety, medis dan kru medis, kru event, crowd control, dokumentasi, fasilitas, produksi, kebersihan, stage, tiketing, transportasi, dan waste management selama persiapan dan event berlangsung.
Direktur Utama ITDC NU A.A Istri Ratna Dewi mengatakan, sebagai bagian ITDC Group, kami berkomitmen untuk ikut memberdayakan masyarakat desa penyangga The Mandalika. Salah satu bentuk komitmen kami tersebut adalah ITDC NU telah merekrut 120 orang warga dari enam desa penyangga untuk bekerja dalam event WSBK dan mereka sudah mulai bekerja di sarana prasarana Sirkuit.
“Upaya kami ini merupakan bukti multiplier effect dari event WSBK dan kami harapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menambah rasa ikut memiliki masyarakat atas event ini,” papar dia.
Sebagai informasi, proses rekrutmen tenaga kerja yang dilakukan ITDC NU ini telah dimulai sejak 28 Oktober-5 November 2021 terdiri dari sesi pemilihan tenaga kerja dan wawancara (28-31 Oktober) dan pelatihan bagi tenaga kerja tersebut (1-5 November) serta mulai bekerja pada (9-22 November) di tiga lokasi area Sirkuit yang telah ditetapkan.
“Bagi ITDC Group, pemberdayaan masyarakat lokal merupakan salah satu yang menjadi perhatian kami dalam melakukan pengembangan bisnis. Oleh karena itu, kami berupaya terus melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pengembangan The Mandalika,” tutup Bram.