News & Event

IPCM Gandeng Nusantara Regas Kelola Pelayanan Jasa Kapal LNG

Marketing, Jakarta – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) dan PT Nusantara Regas (NR) melakukan penandatanganan kerjasama pengelolaan operasi pelayanan jasa kapal LNG pihak ketiga dan kapal LNG yang dikelola NR di Terminal Khusus PT Nusantara Regas yang berlokasi di wilayah perairan Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Komersial dan Operasi IPCM, Herman Susilo mengatakan, pada kerjasama berdurasi 3 tahun ini IPCM akan memperoleh ship call dengan jumlah rata-rata 40 kapal LNG per tahun. Kontrak ini merupakan kelanjutan kontrak pelayanan yang telah berjalan sejak tahun 2017. “Dengan kontrak jangka panjang tersebut, kelanjutan dan pengembangan bisnis IPCM akan terjamin. Kerjasama ini menunjukkan tingkat kepercayaan NR atas pelayanan pandu dan tunda IPCM selama ini,” jelas Herman.

Rizki Pribadi Hasan, Direktur Keuangan dan SDM IPCM menegaskan, kerjasama ini merupakan wujud dari penguatan dan perluasan pasar di sektor Terminal Khusus. Selain itu, kerjasama ini juga akan menambah pendapatan berulang (recurring income) Perseroan dan menjadikan pendapatan di sektor ini terus berkelanjutan (sustainable).

“Pendapatan sektor Terminal Khusus pada tahun 2019 meningkat di atas 200% dibandingkan tahun 2018, dimana kontribusi sektor ini terhadap pendapatan meningkat dari 3% menjadi 7% pada periode yang sama. Dengan adanya kontrak di atas, diharapkan sektor Terminal Khusus akan semakin besar kontribusinya terhadap total pendapatan Perseroan,” ungkap Rizki.

Kerjasama IPCM dan NR

Sementara itu,  Direktur Utama PT Nusantara Regas, M. Taufik Afianto mengatakan, IPCM layak mendapatkan kontrak jangka panjang tersebut, karena telah memberikan tingkat layanan yang sesuai dengan ekspektasi dari PT Nusantara Regas yang telah melewati 8 juta jam keselamatan kerja serta kecepatan produktivitas layanan.

Direktur Utama IPCM, Chiefy Adi Kusmargono menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PT Nusantara Regas yang telah memilih IPCM untuk pelayanan jasa kapal, khususnya kapal-kapal LNG di Terminal Khusus PT Nusantara Regas, dan berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung.

“IPCM menjamin Service Level Agreement  dan Service Level Guarantee serta tingkat safety & security yang tinggi kepada PT Nusantara Regas, sebagai bagian dari corporate value IPCM, yaitu “Customer Centric,” jelas Chiefy.

PT Jasa Armada Indonesia Tbk merupakan perusahaan di bidang jasa pemanduan dan penundaan yang mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia sejak 22 Desember 2017. Emiten dengan kode (ticker) IPCM ini merupakan anggota dari IPC Group (PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham IPC 76,89%, PT Multi Terminal Indonesia 0,11% dan publik 23%).

Bisnis utama Perseroan bergerak dalam bidang pelayanan jasa pemanduan dan jasa penundaaan dengan pangsa pasar utama yaitu melayani kegiatan pelayanan kapal di seluruh wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang meliputi 11 (sebelas) pelabuhan dengan perluasan pasar di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 2017 Perseroan mulai memperluas sayap bisnisnya dengan melayani angkutan laut (shipping) dan pengelolaan kapal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top