Instan

www.marketing.co.id – Dimulai dari produk seperti mie instan dan susu instan, muncullah kemudian berbagai produk yang  “langsung jadi” dalam waktu singkat. Dalam tiga menit, Anda sudah bisa menikmat mie setelah dimasak. Dalam beberapa adukan, susu untuk Anda sudah bisa diminum.

Instan berbeda dengan produk siap makan yang sudah tersaji. Instan mementingkan prosesnya yang singkat dibandingkan metode konvensional. Selain itu ada unsur kepraktisan dan kenyamanan di dalamnya.  Tukang mie baso pun bisa menghidangkan mie untuk Anda dalam waktu tiga menit, namun kalau dihitung waktu menunggu tukang mie baso lewat, waktunya bisa lebih dari tiga menit. Dengan mie instan, Anda bisa langsung mengerjakannya sendiri secara cepat tanpa harus menunggu tukang mie baso lewat.

Instan lahir karena tuntutan masyarakat yang menginginkan sesuatu secara cepat dan nyaman. Orang semakin tidak tahan melalui proses yang terkadang menyebalkan dan menyakitkan bagi mereka. Short Cut atau jalan pintas menjadi pilihan yang menarik bagi mereka. Seperti halnya komputer, dahulu harus memrogram terlebih dahulu untuk mencapai apa yang Anda inginkan, sekarang komputer sudah menyediakan menu-menu short cut yang membuat Anda langsung menuju sasaran. Semuanya mempercepat proses yang tadinya harus dilalui dalam waktu satu jam, kini bisa dilalui dalam waktu beberapa detik.

Di tahun 70-an di Indonesia mulai gandrung foto instan yang langsung jadi melalui kamera Polaroid. Setelah mengabadikan momen atau obyek tertentu, si fotografer tinggal mengipas-kipaskan filmnya dan dalam waktu satu menit, foto sudah jadi. Ajaib! Kata kebanyakan orang ketika melihat Polaroid pertama kali hadir di Indonesia.

Produk instan yang baru diperkenalkan memang bisa mengundang kekaguman. Maklum saja, sesuatu yang instan bisa menciptakan kecepatan yang belum terbayangkan sebelumnya. Pada zaman itu, mencetak foto di laboratorium foto membutuhkan satu hari, sementara Polaroid hanya satu menit.

Masyarakat yang mulai gandrung instan ini kemudian “disuapi” oleh produk-produk ajaib luar negeri yang ditawarkan lewat televisi. Ada alat yang mampu mengubah penampilan rambut Anda dalam waktu sekian detik. Ada juga alat peninggi badan yang bisa meninggikan badan Anda satu centi setiap tiga bulan. Yang paling laris adalah alat pembuat tubuh ramping yang bisa membuat tubuh Anda ramping dalam waktu singkat. Satu hitungan alat tersebut ekuivalen dengan seratus kali latihan sit-up. Jadi, waktu Anda 1/100 kali lebih singkat untuk menjadi ramping dibandingkan cara-cara konvensional. Ajaib bukan?

Maka terjadilah, para pemasar di Indonesia pada dekade 90-an mencoba memasarkan produk dan layanan instan yang membebaskan konsumen dari proses yang “menyiksa” tersebut. Kehadiran ATM membuat Anda memperoleh instant cash. Itu berarti Anda tidak perlu melalui proses antri dan transaksi melalui teller yang kadang menyakitkan hati karena antrian yang lama sekali bergerak. Selain body treatment yang menawarkan metode dan rahasia cepat membentuk tubuh, juga dipasarkan berbagai produk kosmetik dan personal care yang membantu Anda menjadi cantik lebih cepat. Lihat saja bagaimana sebuah merek mengklaim membuat wajah Anda memutih dalam enam minggu, kemudian muncul lagi pesaingnya membuat wajah Anda memutih dalam tiga minggu. Semuanya saling berlomba menawarkan keajaiban dunia instan ini.

Yang paling menggemparkan dunia tentu saja Viagra, yang mampu mengubah seorang pria “loyo” menjadi perkasa dalam detik. Pria impoten tidak perlu lagi terapi dan mengalami banyak rangsangan untuk bisa “berdiri”. Cukup dengan Viagra, pria tersebut tidak harus melewati proses stimulus yang panjang. Itulah sebabnya ada yang mengatakan bahwa produk ini merupakan keajaiban dunia kedelapan.

Jadi, pasar “pemuja” dunia instan ini adalah pasar yang teramat besar. Mulai dari mie instan, susu instan, foto instan, cantik instan, ramping instan, kuat instan, uang instan, sukses instan bahkan sampai kaya instan. Coba perhatikan, buku-buku yang menawarkan kaya secara cepat juga tak kalah cepat larisnya. Apalagi dengan krisis yang tak kunjung usai, membuat orang ingin meraih segalanya secara instan.

Yang lagi tren sekarang ini adalah seminar yang mampu meningkatkan penjualan Anda berlipat-lipat dalam waktu singkat. Semua menawarkan tips untuk menjadikan Anda penjual sukses dalam waktu singkat. Ada yang menjanjikan bahwa penjualan Anda bisa meningkat 100%, ada yang 200%, ada yang bahkan lebih dari 300%. Semua itu dicapai dalam waktu singkat. Ada yang menawarkan dalam tiga bulan, ada juga yang menawarkan dalam waktu dua bulan. Lihat saja, semakin besar persentasi peningkatan penjualan dan semakin cepat pencapaian, semakin laris seminar tersebut. Semuanya ingin mendapatkan keajaiban tersebut.

Jadi, resep dari saya, untuk bisa meningkatkan penjualan secara instan, lihatlah apa yang kini sedang banyak diminati dan diidamkan orang namun untuk menikmatinya perlu proses “menyakitkan”. Buatlah sesuatu tersebut menjadi ajaib karena mampu melepaskan mereka dari berbagai proses yang menyakitkan. Saya yakin penjualan Anda akan meningkat tajam. Wajar saja, semua orang memang ingin bahagia dengan cara instan. (Rahmat Susanta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.