Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Inovasi Jadi Kunci Merek Bertahan di Masa Pandemi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Inovasi diperlukan untuk menjaga keberlangsungan suatu merek dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, terlebih di tengah kondisi krisis seperti pandemi Covid-19 sekarang ini.

Alhasil, pebisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif terhadap produk, pelayanan maupun strategi pemasarannya agar memberikan solusi dan nilai tambah bagi konsumen, yang pada ujungnya bermuara pada penjualan dan loyalitas konsumen.

Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia, mengemukakan, tantangan inovasi di era digitalisasi dan new normal, yakni inovasi produk ataupun jasa harus menghadirkan solusi atas perubahan perilaku dan prefensi konsumen saat ini.

“Inovasi merupakan kunci keberhasilan suatu merek. Untuk berdaya saing dari kompetitornya, suatu merek harus menciptakan inovasi yang memberikan keuntungan dan nilai tambah bagi merek itu sendiri maupun konsumennya,” ucapnya.

Meski banyak pebisnis yang mulai peduli inovasi, sayangnya hanya sedikit pebisnis yang mengerti betul bagaimana cara mengembangkan inovasi yang sesuai kebutuhan pasar agar diterima dan terserap dengan baik.

Baca juga: Inovasi Pelayanan Pelanggan di Era New Normal

Gree misalnya, merek elektronik ini mampu beradaptasi dan memenangkan hati konsumen di masa pandemi melalui inovasi produk air purifier pertama di Indonesia yang dilengkapi CEP Technology Filter, sehingga efektif membunuh virus di udara.

“Jika air purifier merek kompetitor hanya bisa menon-aktifkan virus saja, Gree Air Purifier mampu membunuh virus, kuman dan bakteri, termasuk Covid-19. CEP Technology Filter mampu menghancurkan protein yang ada di virus,” jelas Reza Pahlawansyah, Product Training Manager PT Gree Electric Appliances Indonesia.

Apalagi produk tersebut sudah dilengkapi fitur 3 LED indicators yang menginformasikan kualitas udara dalam ruangan. Jadi, selain membunuh virus, air purifier ini dapat menjernihkan udara dan menetralisir bau-bau tak sedap dan zat-zat berbahaya, sehingga udara yang hasilkan bersih dan segar.

Reza menambahkan, inovasi yang dilakukan disesuaikan dengan minat dan kebutuhan pangsa pasar yang dituju. Dimana produk ini sudah melalui serangkaian proses yang panjang sebelum dilepas ke pasar.

Baca juga: Kartu Pra Kerja, Inovasi dari Bentuk Pelayanan Publik Pemerintah

Terlebih dahulu dilakukan pengujian dan riset di tim research and development (R&D) Gree di Zhuhai, Guangdong, Cina, bahkan telah diuji coba di rumah sakit yang menangani Covid-19 di Wuhan.

“Gree Air purifier ini sudah mendapatkan sertifikasi, baik di Cina maupun di Indonesia, bahwa terbukti 99,99% dapat membunuh virus dan membuat udara lebih bersih dan sehat,” ujar Reza mengklaim.

Gree juga menghadirkan inovasi AC Gree G-Tech, AC split – residensial berkonsep modular pertama di Indonesia dengan fungsi penjernih udara ruangan. Selain mendinginkan ruangan, AC ini mampu membunuh virus dan menghilangkan bau tak sedap.

“Kami menyebutnya healthy smart inventer AC karena mampu membunuh kuman dan dapat dioperasionalkan melalui smartphone. Jadi AC bisa dihidupkan dan matikan oleh pengguna dari mana pun, selama terhubung WiFi,” terang Reza.

Menurut Tri, keberhasilan Gree menciptakan sebuah ide-ide inovatif dan pertama di kategori produk atau jasanya bukanlah sebuah perkara yang sederhana dan instan.

Beranjak dari hal ini Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id menghadirkan penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award 2020 untuk mengapresiasi pebisnis atas prestasi inovasi yang pertama dilakukan di kategori produk atau jasanya.

“Penghargaan ini bisa menjadi value added dan menjadi referensi konsumen untuk menentukan produk atau jasa pilihan mereka,” ujar Tri.

Adapun para peraih penghargaan Pertama di Indonesia, diantaranya Panen Houseware-Mosque LP012, Confidence, Big Foam Premium, Wuling Motors,  PT Gree Electric Appliances Indonesia, SiCepat Ekspres, Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Platinum, serta Prenagen.

Sementara untuk peraih penghargaan Top Innovation Choice Award 2020, diantaranya PT Shiseido Cosmetics Indonesia, Polytron, GT Radial, PT Gree Electric Appliances Indonesia, Sanken, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, Speedwork Solusi Utama, Bank Syariah Mandiri dan BRISyariah.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top