Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Dengan GoBiz, UMKM Makin Mudah “Go Digital”

Marketing.co.id – Berita UKM | Pandemi telah berdampak pada melambatnya perekonomian, tak terkecuali sektor UMKM yang menjadi pilar perekonomian nasional.

Baca Juga: Ini Ini Alasan Kenapa Bisnis Anda Harus Go Digital

Berdasarkan data Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), pandemi telah menimbulkan dampak terhadap 16.313 UMKM. UMKM mengalami penurunan jumlah permintaan, pasarnya mengecil, sehingga usaha sulit dijalankan.

Baca Juga: Banyak Bisnis Go Digital, Catat! Ini 5 Keahlian Paling Diburu

Untuk mengatasi hal ini, pemanfaatan teknologi digital bisa menjadi, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital yang terus berkembang. Di luar sana banyak sekali platform digital yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk go digital, salah satunya aplikasi GoBiz.

Baca Juga: Serius Bisnis Anda Mau Go Digital?

Aplikasi GoBiz yang tersedia di ekosistem Gojek telah menjadi aplikasi andalan para mitra usaha menghadapi berbagai tantangan keseharian bisnis dan mendukung pengembangan usaha selama 2 (dua) tahun terakhir. Dimana dari 90% mitra usaha Gojek merasa sangat terbantu dengan aplikasi GoBiz untuk bertahan di masa pandemi.

Untuk memudahkan UMKM Go Digital, Gojek meluncurkan inovasi Daftar Mandiri GoBiz untuk memudahkan mitra UMKM mengecek status pendaftaran dan melakukan aktivasi akun usaha secara mandiri.

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan, di tengah pemberlakuan kembali PSBB di ibukota misalnya, ada kebutuhan untuk UMKM segera melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, Gojek percaya, kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra UMKM untuk memulai usaha, beradaptasi dan mampu melebarkan sayap bisnisnya.

Baca Juga: Mengorek Peluang di Tengah Perang Dagang dan Gelombang Digital

“Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri,” jelasnya.

Untuk memulai usaha bersama Gojek, UMKM cukup mengunduh aplikasi GoBiz di Google PlayStore (sistem operasi Android) dan mengisi formulir registrasi daring. Registrasi akun meliputi informasi lengkap terkait identitas pemilik, informasi bank, informasi usaha, hingga area operasional.

Apabila ada data yang kurang lengkap, tim verifikasi akan kembali menghubungi pendaftar. Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.

Sejak diluncurkan di tahun 2018, aplikasi GoBiz telah berhasil membantu lebih dari 600.000 mitra usaha sektor kuliner, ritel, dan berbagai sektor lainnya, untuk terhubung dengan lebih dari 170 juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top