Dibalik Perusahaan Sukses Terdapat Pegawai Bahagia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Tantangan sepanjang masa bagian HRD (Human Resources Departement) adalah memastikan pegawainya tetap produktif dan bahagia, selagi menjaring bakat-bakat baru yang dapat memajukan perusahaan.

Seperti bagian lainnya, tahun ini bagian HRD akan menerima semakin banyak data dan insight yang tidak terstruktur. Seperti tingkat kebahagiaan pegawai dan interaksi pegawai.

Namun, ternyata bagian HRD bisa memanfaatkan data-data tersebut untuk menghasilkan analisa prediktif dan bahkan menjaring bakat baru.

pencari kerjaHead of HCM Oracle Asia Pacifik Yazad Dalal mengatakan, bagian HRD atau SDM di seluruh dunia akan mengalami pergeseran selama beberapa tahun ke depan. Semua itu didorong oleh satu faktor, yaitu data.

Dengan semakin berlimpahnya data dan insight yang tersedia, semua aspek pun berubah di berbagai area bisnis, termasuk mengubah bagaimana bagian HRD melakukan perekrutan dan menangani pegawai. Bisa dikatakan, manfaat berlimpahnya data dan insight itu sangatlah besar.

Bagian HRD ditantang untuk bisa menunjukkan data yang kredibel mengenai berbagai faktor, termasuk produktivitas pegawai, interaksi antar pegawai, serta kinerja perusahaan.

Berikut prediksi apa saja yang akan dihadapi bagian HRD di 2017:

Perekrutan dan manajemen pegawai didorong oleh data

Mengumumkan lowongan kerja dengan menjabarkan job desc standar merupakan cara lama. Tahun ini, bagian HRD akan semakin memfokuskan perekrutan dengan melihat profil pegawai perusahaan tersebut yang memiliki kinerja tinggi, dan semua itu dilihat dari data yang tersedia, seperti kualifikasi yang mereka miliki, pengalaman yang mereka bawa, serta kepribadian mereka.

Pendekatan cara mengolah data ini pun juga akan diterapkan di urusan manajemen pegawai. Kenaikan jabatan bukan lagi berdasarkan intuisi pribadi atau tekanan dari manajer, tapi berdasarkan data yang dikumpulkan dari kinerja sesungguhnya.

Data-data seperti pegawai mana yang konsisten mencapai target penjualan, yang memiliki produktivitas tinggi, yang tampil di atas rata-rata, menjadi faktor pertimbangan bagian HRD untuk menaikkan jabatan seorang pegawai.

Berbagai data itu akan dikumpulkan secara konsisten dan digunakan untuk memastikan setiap keputusan diambil berdasarkan data yang solid.

Analisa prediktif untuk menilai kinerja pegawai

Semua perusahaan pasti ingin pegawainya semakin produktif. Hal ini dianggap sama pentingnya dengan nilai investasi lainnya yang sama-sama bertujuan untuk memajukan bisnis.

Bagian HRD lagi-lagi akan melakukan analisa mengenai data tentang pegawainya, seperti tingkat kebahagiaan dan keterlibatan mereka di kantor dengan rencana perusahaan.

Lalu sistem berbasis cloud akan memainkan perannya dengan mengolah data tersebut untuk melakukan prediksi bagaimana seorang pegawai menjalankan satu peran tertentu. Analisa prediktif ini juga akan memperlihatkan kira-kira persoalan apakah yang akan dihadapi pegawai tersebut.

Mengidentifikasi pemain dengan tampilan menarik

Tahun ini, usia pekerja aktif akan meliputi generasi yang “melek” digital, dan mereka menutut tampilan antarmuka yang sama menariknya dengan yang diberikan perusahaan ke pelanggannya.

Bagian HRD pun memahami ini dan menyadari bahwa aplikasi dengan tampilan antarmuka yang modern dan mudah digunakan itu menjadi semakin penting.

Solusi digital adalah cara untuk mengumpulkan dan menganalisa data kualitas. Melalui informasi yang didapat dari perangkat lunak HCM digital, perusahaan akan bisa menentukan bagaimana menyelaraskan strategi HRD ke tujuan bisnis.

Tahun ini akan jadi tahun yang seru dan banyak perubahan. Melalui pemanfaatan data dan analitik, bagian HRD di 2017 dan seterusnya akan menjadi sumber daya yang lebih vital bagi perusahaan yang sukses. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here