Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Inilah Perusahaan yang Berkomitmen Menerapkan GCG secara Berkelanjutan

Marketing.co.id – Berita Marketing I Pelaksanaan Program Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2019 berhasil digelar dengan baik meski ditengah situasi pandemi Covid- 19. Acara puncak ini merupakan bentuk pengakuan, penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2019.

testimoni pelanggan

CGPI merupakan program riset dan pemeringkatan praktik GCG (Good Corporate Governance) perusahaan di Indonesia yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2001. Penyelenggaraan CGPI tahun ini yang disebut CGPI 2019 – karena tahun penilaiannya tahun buku 2019, sebagaimana CGPI tahun-tahun sebelumnya memiliki fokus tema penilaian yang selalu mencermati isu dan fenomena perkembangan bisnis terkini dalam implementasi GCG di perusahaan.

CGPI 2019 memiliki tema “Membangun Keunggulan Bersaing dalam Kerangka GCG” yang berfokus pada struktur dan sistem governansi korporat serta inisiatif membangun keunggulan bersaing yang dilakukan perusahaan berdasarkan prinsip governansi dalam rangka menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan guna mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

CGPI 2019 diikuti oleh total 29 perusahaan sebagai peserta. Setiap perusahaan peserta telah mengikuti dua tahapan penilaian yaitu tahapan analisis dan observasi. Tahapan analisis dilakukan dengan metode pengisian kuesioner (self assessment) dan penilaian dokumen perusahaan, sedangkan tahapan observasi dengan metode paparan eksekutif dan diskusi aktif antara tim penilai dengan Organ Perusahaan.

Adapun aspek penilaian pada CGPI 2019 mencakup struktur governansi (governance structure), proses governansi (governance process), dan hasil governansi (governance outcome) yang dijabarkan dalam beberapa indikator menggunakan perspektif pemangku kepentingan (stakeholder). Berikut rincian perusahaan penerima penghargaan Most Trusted Companies Award, CGPI 2019 “Membangun Keunggulan Bersaing dalam Kerangka GCG”

Ada 13 perusahaan kategori SANGAT TEPERCAYA (urutan alphabetical), yakni PT Angkasa Pura II(Persero), PT Bank BNISyariah, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank MandiriTaspen, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Pegadaian (Persero) 12.PT Pupuk Kalimantan Timur, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Selanjutnya, 16 perusahaan kategori TEPERCAYA (urutan alphabetical), adalah PT Asuransi BRILife, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, PT Bakrie & Brothers Tbk, PT Bank Jabar Banten Syariah, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan BangkaBelitung, PT BRI Multifinance Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), PT Mandiri AXA General Insurance, PT Mandiri Manajemen Investasi, PT Mandiri Sekuritas, PT Mandiri Tunas Finance, PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Taspen(Persero), dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top