Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Inilah Jajaran Pekerjaan di Industri Digital yang Populer dan Gajinya

Marketing – Industri digital beberapa tahun belakangan memang maju pesat. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang kian hari makin mutakhir saja. Berbagai sektor kehidupan perlahan-lahan mau tidak mau mengikuti era digitalisasi yang semakin deras. Selain membuat aktivitas sehari-hari dimudahkan, pertumbuhan industri digital ini juga melahirkan banyak profesi baru dengan gaji yang sangat menjanjikan.

Bahkan gaji yang ditawarkan ini melebihi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang selama ini diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari Katadata.id, berikut ini ada hasil riset dari Robert Walters Indonesia mengenai pekerjaan industri digital yang menjanjikan dan rentang nominal gajinya. Penelitian dilakukan pada 806 responden tenaga profesional bidang digital yang sudah bekerja lebih dari 3 tahun rentang Januari-April 2019.

Bahkan gaji yang ditawarkan ini melebihi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang selama ini diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari Katadata.id, berikut ini ada hasil riset dari Robert Walters Indonesia mengenai pekerjaan industri digital yang menjanjikan dan rentang nominal gajinya. Penelitian dilakukan pada 806 responden tenaga profesional bidang digital yang sudah bekerja lebih dari 3 tahun rentang Januari-April 2019.

Manager Media Sosial

Guna membuat media sosial bisa memberikan impact yang baik untuk perusahaan atau suatu produk, perlu sekali jasa manajer media sosial. Tugas utama mereka adalah mengumpulkan data dan menentukan topik apa yang sedang tren, membuat materi, memposting atau scheduling, menganalisis, sampai melakukan percobaan. Dengan pekerjaan berat yang diemban, gaji yang diberikan adalah Rp200-400 juta per tahunnya pada 2019. Sementara di tahun 2020 diperkirakan akan memboyong Rp200-450 juta per tahunnya.

Manajer Search Engine Optimization (SEO)

Pekerjaan lainnya yang banyak diminati adalah menjadi seorang SEO. Tugas utama dari profesi ini adalah bertanggung jawab dalam meningkatkan peringkat website di search engine, seperti halnya Google, Bing, dan lain-lain. Secara lebih rinci, tugasnya adalah merencanakan dan mengeksekusi strategi SEO seperti halnya link building, keyword research, content, estimasi on atau off page dan lain-lain. Untuk link building sendiri merupakan cara yang dilakukan untuk meningkatkan rating sebuah website dengan mengaitkan website kita ke website lain, ini bisa dilakukan secara internal atau pun menggunakan jasa backlink atau biasa familiar dengan sebutan jual beli backlink yang banyak tersebar di internet.

Tidak jarang SEO ini juga berkolaborasi dengan talenta digital lainnya. Misalnya saja web developer untuk optimasi on page. Mereka yang berpengalaman memiliki gaji yang akan tambah besar setiap waktunya. Nah, mereka yang berprofesi sebagai Manajer SEO menurut riset membawa pulang gaji sebesar Rp250-400 juta per tahunnya di 2019.

Manajer Produksi

Manajer produksi juga berperan penting dalam industri digital. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah menghasilkan produk dengan kualitas unggulan, sebanding dengan strategi bisnis dari produk. Jika nanti ada masalah di produk, peran manajer produksi sangat penting dalam hal ini. Dengan peran yang sangat penting, pekerjaan ini juga memiliki gaji tinggi. Menurut riset, di tahun 2019 saja dalam satu tahun bisa mendapatkan Rp350-800 juta. Sementara prediksi tahun 2020 akan memperoleh Rp 350-850 juta per tahun.

Manajer E-Commerce

E-Commerce dan marketplace sedang begitu booming di Indonesia. Tidak mengherankan perlu banyak orang di balik layarnya. Salah satunya adalah yang cukup berjasa manajer e-commerce. Tidak main-main mereka memiliki peran yang sangat penting. Peranannya mulai dari menyusun strategi dan memaksimalkan promosi berbasis online.

Selain itu mereka juga bertanggung jawab dalam berbagai aktivitas penjualan online di perusahaan. Mencari ide campaign atau iklan untuk menarik para pelanggan dan tentu saja melakukan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan. Dengan tugasnya yang berat, manajer e-Commerce digaji setiap tahunnya Rp400-750 juta per tahun, 2019. Sementara 2020 ini bakal memboyong uang senilai Rp400-800 juta.

Kepala Produksi

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yakni pekerjaan sebagai kepala produksi. Sebagai seorang kepala, tugas ini benar-benar memiliki tanggung jawab yang besar. Berdasarkan Edu Mora selaku product manager dari Amazon, tugas kepala produksi intinya adalah bertanggung jawab dalam memprioritaskan segala hal berhubungan dengan produk itu sendiri. Bagaimana cara untuk mengurangi jarak yang terjadi antara visi dari founder dan produk yang dikeluarkan.

Tanggung jawab yang super besar itu membuat kepala produksi di dalam industri digital diganjar dengan bayaran besar. Dalam satu tahun bisa memboyong gaji Rp1-1,7 miliar banyaknya. Pengalaman dan kepiawaian dalam mengatur divisi di bawahnya juga sangat berperan penting kala duduk di jabatan ini.

Gaji yang ditawarkan tidak main-main ya? Maka dari itulah, perlu skill yang mumpuni sebelum terjun dalam industri digital. Familiar dengan teknologi, cara berpikir yang cepat, dan selalu mengikuti perkembangan merupakan beberapa hal yang perlu dikuasai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top