Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Inilah Argumen Apple ‘Putus’ dengan Google Maps

www.marketing.co.id Memang selama ini Apple memakai jasa Google Maps dalam fitur aplikasinya. Belum lama ini Apple memutuskan untuk  tidak lagi memakai jasa Google Maps dalam layanannya. Mulai beroperasinya sistem  iOS 6, Apple memakai layanan petanya sendiri yakni Apple Maps.

Walaupun Apple Maps belum dipersiapkan secara matang, alhasil petunjuk arahnya tidak akurat. Tapi Apple punya komitmen untuk memperbaikinya, sehingga punya kesempatan untuk memiliki peta terbaik di dunia.

Berikut argumen Apple memutuskan hubungan dengan Google Maps yang dikutip dari Huffington Post.

 

1. Keinginan Apple untuk menjadi superior di Maps

Apple mungkin menyadari sejak awal bahwa layanan petanya bermasalah. Namun, mereka berspekulasi bahwa para fans nya akan memakluminya. Sehingga Apple akan terus mengembangkan Maps nya ini menjadi lebih baik.

Menurut Matthew Yglesias selaku pengamat teknologi mengungkapkan, bahwa Apple juga punya impian bahwa suatu hari dapat menjadi penyedia layanan peta yang superior seperti para rivalnya.

“Apple mengakhiri relasi dengan Google adalah kesempatan bahwa suatu hari mereka akan mempunyai peta terbaik di dunia. Selama Apple masih bergantung pada Google, mereka tidak akan memiliki kesempatan menjadi yang terbaik,” ungkap Matthew.

 

2. Apple gagal memaksa Google

Apple gagal memaksa Google untuk memberikan layanan navigasi berbasis suara utuk layanan iOS. Keinginan itu akhirnya pudar karena Google tidak mau berbagi.

John Paczkowski dari AllThinsD mengatakan, “ Apple memaksa keras Google untuk menyediakan data yang diperlukan untuk membawa navigasi paduan suara ke iOS. Namun Google yang menciptakan data tersebut tidak mau memberikan,” katanya.

Google menilai fitur tersebut adalah kelebihan dari sistem operasi Android ciptaannya. Inilah salah satu argumen Apple putus dengan Google Maps.

 

3. Google Maps di Android lebih baik

Mungkin ini salahsatu argumen  kenapa Apple putus dengan Google Maps yakni merasa di anak tirikan. Chris Zieger dari media teknologi The Verge mengatakan bahwa Google Maps untuk Android semakin lebih baik dibanding versi untuk iOS.

“Apple sepertinya merasa bahwa vesi lama Google Maps di iOS sangat ketinggalan dibanding Android, khususnya karena tidak adanya akses turn by turn navigation yang telah diberikan Google pada Android dalam beberapa tahun belakangan ini,” ungkap Chris.

Wajar saja karena Android adalah sistem operasi buatan Google sendiri. Apple pun merasa tidak puas dengan kebijakan Google tersebut.

 

4. Apple ingin lebih inovatif dari Google

Siapa yang lebih inovatif dan kreatif mereka yang akan dipilh oleh konsumen. Inilah yang menjadi acuan kenapa Apple mau putus dengan Google Maps. Meskipun beberapa fitur kacau, tapi ada beberapa pihak menilai untuk fasilitas Flyover dan opsi penglihatan 3 dimensi cukup baik. New York Times menilai opsi peta 3 demensi Apple adalah kelebihan dibanding Google Maps.

 

5. Apple tidak mau menunggu

Menurut sumber yang beredar, bahwa Apple akan putus hubungan dengan Google Maps pada tahun 2013, namun karena beberapa masalah Apple memutuskan untuk mempercepatnya.

Menurut John Grubber selaku pengamat teknologi beranggapan bahwa Apple tidak mau menunggu lebih lama agar Google mengabulkan permintaannya. Mereka pun langsung menggelar layanan Maps sendiri.

John menambahkan terlebih lagi perkenalan Apple Maps juga mendapatkan momentum yang tepat, yakni bersamaan dengan rilis iPhone 5 dan beroperasinya iOs 6 yang menarik banyak perhatian masyarakat. (HN)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top