Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Iklan yang Membuat Hampir Semua Penontonnya Menangis

iklan TrueMovePerusahaan perangkat telekomunikasi asal Thailand, TrueMove, membuat iklan sentimental yang berhasil membuat sebagian besar penontonnya menangis terharu.

Iklan berjudul ‘Giving’ ini bercerita tentang seorang pedagang mie dermawan yang  menolong seorang bocah yang ketahuan mencuri obat untuk menolong ibunya yang sedang sakit. Pedagang mie ini pun akhirnya membayar obat tersebut dan memberikan sekantong sup untuknya. Tak disangka si bocah membalas kebaikan orang yang telah menolongnya itu 30 tahun kemudian.

Video mengharukan dengan tagline “Giving is the best communication” ini ditonton 6 juta kali hanya dalam beberapa hari dan mendapatkan sorotan dari banyak media dari luar Thailand. Diakui oleh perusahaan melalui situsnya, tagline iklan itu merefleksikan konsep merek TrueMove dalam mengembangkan teknologinya yaitu mereka ingin memberikan akses komunikasi bagi banyak orang sebisa mungkin. Tapi, yang lebih penting pada akhirnya adalah ‘noise’ yang dihasilkan dari iklan ini yang semakin membuka peluang brand recognition TrueMove kepada audiens di luar Thailand.

Iklan tak harus selalu menjual produk atau layanan secara frontal. Iklan yang menjual secara halus dan menyisipkan nilai moral semacam ini terbukti menarik audiens lebih banyak. Di Indonesia sendiri, merek-merek yang menampilkan iklan semacam ini masih bisa dihitung dengan jari, itu pun pada momen-momen tertentu.

Audiens sudah semakin cerdas menilai mana iklan yang menarik dan patut ditonton dan mana yang tidak. Kini, saatnya para pemilik merek dan agensi iklan mempertimbangkan nilai-nilai berharga dalam iklannya ketimbang sekadar menjual produk atau layanan mereka.

 

Editor: Wahid Fz |Sumber: Berbagai sumber |Foto: Adweek

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top