Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Ini Dia Rahasia Public Speaker Bisa Sukses Bicara di Depan Umum

public speakerBanyak yang menganggap bahwa menjadi public speaker itu harus memiliki keberanian. Padahal tidak juga, rasa takut biasanya timbul karena kurangnya persiapan. Jika persiapan Anda matang, keberanian pun akan muncul dengan sendirinya.

Sebagai contoh adalah ketika hendak ujian, mereka yang kurang persiapan akan merasa takut. Berbeda dengan yang sudah memiliki persiapan, meski hanya sebuah contekan. Jadi apa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menjadi public speaker?

1.       Persiapkan cerita

Sama halnya dengan dongeng yang akan membawa anak-anak pergi ke dunia fantasi, untuk menjadi seorang public speaker Anda juga perlu sebuah cerita. Bukan hanya cerita yang menarik, tapi juga mengandung pelajaran penting yang bisa beresonansi dengan audiens.

2.       Kuasai materi

Inti dari public speaking adalah menguasai materi. Ini akan membuat penonton merasa dihargai. Jangan sekali-kali Anda membaca slide, apalagi catatan. Kecuali hanya poin-poin penting, sementara pada bagian penjelasan atau contoh kasus, Anda tetap harus menguasainya.

3.       Menggunakan video

Meski di Indonesia masih terbilang jarang, namun menggunakan video untuk presentasi dirasa cukup efektif. Anda bisa menggunakan video yang sudah ada atau video yang Anda rekam/perankan sendiri. Dijamin penonton akan terkesan dengan sifat kreatif Anda.

4.       Jangan terlalu banyak mengutip

Ada public speaker yang kerap mengutip kata-kata atau statistik penelitian orang lain. Tujuannya mungkin agar terlihat relevan, tapi jika terlalu banyak malah membuat audiens menganggap Anda malas berpikir. Akan lebih baik bila Anda memperbanyak perspektif Anda, atau mungkin hasil riset yang Anda lakukan.

5.       Berenergi

Anda pasti pernah melihat seorang public speaker yang penuh dengan energi dan yang tidak. Coba bandingkan, mana yang lebih Anda sukai? Tentu saja yang penuh dengan energy, bukan? Percayalah, jika Anda memberi energi kepada audiens, mereka akan ikut memancarkannya kembali.

6.       Jadi diri sendiri

Jika Anda merupakan seorang yang humoris, memberi penjelasan dengan menyelipkan anekdot segar mungkin akan sangat menarik. Tapi jika tidak, jangan paksa diri Anda untuk melakukannya, karena itu tidak akan berhasil. Jadilah diri sendiri dan kembangkan potensi yang Anda miliki. Jika Anda hobi fotografi, tidak ada salahnya memberikan slide foto yang menginspirasi. Ingat, manusia bukanlah merek yang bisa diubah dengan mudah sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

Ini adalah sebagian kecil yang perlu Anda persiapkan sebelum menjadi public speaker. Lainnya, Anda membutuhkan latihan untuk terus mengembangkannya, seperti latihan berbicara di depan cermin, melatih ekspresi wajah, dan penguasaan panggung.

 

Sumber: entrepreneur.com | Foto: fremdeng.ning.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top