Dominasi Shopee Live di Tengah Meningkatnya Tren Belanja Melalui Live Streaming

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Tren live streaming diprediksi akan terus berkembang dan menjadi bentuk persaingan baru di antara platform eCommerce di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Hingga pertengahan 2024, belanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati Masyarakat. Kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain eCommerce di Indonesia berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming. Tentu saja tujuannya untuk memberikan customer experience terbaik, terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis brand lokal dan UMKM.

Survei Ipsos berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga 2023. Survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Berdasarkan  survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang  paling disukai pada tahun tersebut. Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming paling diingat (Top of Mind) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).

Sedangkan dalam indikator fitur live streaming paling sering digunakan (Brand Used Most Often), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%). Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform paling banyak dipilih untuk berjualan, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan bahwa tahun 2024, dunia eCommerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis, hingga munculnya pemain baru. Jika melihat data, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. “Jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” katanya.

Aspek penting yang melatarbelakangi pilihan live streaming para penjual

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan yang interaktif, menjadikannya sebagai pilihan utama brand lokal dan UMKM. Menurut data survei Ipsos, Shopee Live menunjukkan keunggulan dalam menyediakan layanan terbaik dengan persentase 67%, jauh memimpin dibandingkan dengan TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%). Shopee Live (63%) dianggap sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti TikTok Live  (25%), Lazada Live (7%), dan Tokopedia Play (6%).

Lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Jauh melampaui para pesaingnya seperti TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%). Tidak hanya memberikan dampak terhadap omzet, Shopee Live juga dipilih sebagai fitur live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67%), diikuti TikTok Live (26%), Tokopedia Play (4%), dan  Lazada Live (3%).

Shopee Live juga mendominasi (64%) sebagai fitur live streaming paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh. Angka ini jauh mengungguli TikTok Live (27%), Lazada (6%) dan  Tokopedia Play (3%). Adapula aspek keunggulan lainnya yaitu dalam memberikan edukasi kepada penjual.

Sebanyak 65% brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu para penjual. Hal ini menunjukkan adanya komitmen pada platform tersebut dalam membekali para penjual dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal dalam penjualan live streaming. Selain itu, adopsi program serupa di eCommerce masih tertinggal cukup jauh, dengan TikTok Live (28%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).

“Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan  memberikan hasil omzet terbesar bagi brand lokal dan UMKM,” ujar Andi Sukma.

Meski terdapat pergeseran kebiasaan belanja di masyarakat, Shopee Live terus berinovasi dan menghadirkan penawaran terbaik bagi brand lokal dan UMKM untuk memenangkan persaingan di pasar digital. Jika terus berinovasi dan mengembangkan potensi serta teknologi yang dimiliki, fitur live streaming ini diyakini akan mampu mempertahankan posisinya sebagai sebagai platform live shopping pilihan para penjual saat ini yang memberikan peluang besar bagi brand lokal dan UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here