Marketing.co.id – Berita Marketing | Usia Pos Indonesia sudah menginjak 275 Tahun. Belum banyak perusahaan di Indonesia yang mencapai usia lebih dari 2 abad. Dalam perjalanannya Pos Indonesia telah banyak melakukan transformasi agar tetap bertahan menghadapi perubahan dan disrupsi yang terjadi baik di industri kurir dan logistik maupun industri keuangan di tanah air.
Eksistensi perusahaan yang merayakan hari ulang tahun setiap tanggal 26 Agustus ini tidak terlepas dari kemampuan bertahan hidup dengan terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Namun demikian seperti dituturkan Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, bertahan hidup saja tidaklah cukup, Pos Indonesia ingin lebih baik dari para kompetitor, agar menjadi pilihan utama bagi pelanggan dan masyarakat.
“Pos Indonesia ingin lebih baik dari itu, ingin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, ingin lebih baik dari para kompetitor supaya Pos Indonesia menjadi pilihan utama bagi pelanggan dan masyarakat,” kata Faizal.
Baca juga: HUT ke-275 Tahun, Pos Indonesia Perkenalkan Aplikasi Pospay
Memasuki tahun 2021 dengan kepengurusan Direksi Pos yang baru, yang diangkat pada bulan September 2020, Pos Indonesia mulai melakukan transformasi yang diformulasikan ke dalam 7 transformasi yang mencakup:
- Business Transformation, diantaranya adalah integrasi financial platform dengan Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) yaitu standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya
- Product & Channel Transfromation, memperkenalkan kepada masyarakat dan pelanggan tentang layanan Pos melalui mobile apps baik untuk layanan jasa kurir dan juga untuk layanan jasa keuangan inklusi.
- Proses Transformation, dengan melakukan simplifikasi proses operasi melalui digitalisasi New IPOS.
- Technology Transformation, berupa digitalisasi dan otomatisasi administrasi perkantoran (e-Office), dimana saat ini kita telah menggunakan Nota Dinas Elektronik sebagai pengganti surat menyurat fisik yang lebih mempercepat proses penyampaian informasi, simple, dan efisien.
- Human Resourch Transformation, dengan menerapkan New Performance Management System yang memberikan penilaian kepada karyawan yang terintegrasi dengan bisnis sehingga penilaian diberikan berbasis kinerja, transparan dan terbuka.
- Organization Transformation, dengan melakukan restrukturisasi Regional dan UPT dengan pertimbangan kebutuhan bisnis yang membutuhkan percepatan dalam pengambilan keputusan untuk memenangkan persaingan.
- Culture Transformation, bahwa Budaya Perusahaan adalah cerminan perilaku karyawan dan citra Perusahaan baik di lingkungan internal maupun eksternal Perusahaan yang dirumuskan dalam akronim AKHLAK yang merupakah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
Ketujuh program transformasi ini secara bertahap telah menampakkan hasil. Poin Product & Channel Transformation yang langsung dirasakan oleh pelanggan dibuktikan dengan diluncurkannya dua aplikasi mobile yaitu PosPay untuk Layanan Keuangan dan PosAja untuk layanan Kurir. Kedua aplikasi ini diharapkan dapat membatu memudahkan dan mendekatkan pelayanan Pos Indonesia kepada masyarakat.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis