Industri Pariwisata Indonesia Siap Hadapi Era Digital melalui Kolaborasi Katalis dan Traveloka

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Industri pariwisata Indonesia siap melangkah lebih jauh di era digital dengan hadirnya program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh Katalis, sebuah program pengembangan bisnis yang didukung oleh pemerintah, bekerja sama dengan Traveloka, platform travel terdepan di Asia Tenggara. Kolaborasi ini dianggap sebagai langkah besar untuk mempersiapkan industri pariwisata menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

katalis dan traveloka
(Kiri-Kanan) Agoes Tinus Lis Indranto, Dean, School of Tourism, Universitas Ciputra – Widyasari Listyowulan, VP of PPGR, Traveloka – Clarice Campbell, Lead Adviser, KATALIS – Renee Bryant, Australian Consul-General in Surabaya, Herlambang Sucahyo, Tourism Office, City of Surabaya.

Program pelatihan ini dirancang untuk membuka peluang bagi para penyedia pelatihan asal Australia untuk terhubung dengan platform Traveloka. Dengan demikian, mereka dapat membantu mengembangkan sektor pariwisata Indonesia dengan membangun fondasi yang kuat untuk berkembang di pasar pariwisata modern. Pelatihan ini mencakup berbagai modul penting seperti keamanan dan etika digital, pemasaran digital, serta pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap lanskap digital.

Katalis bekerja sama dengan TAFE Queensland untuk menyediakan pelatihan berkualitas tinggi, guna mengatasi kesenjangan keterampilan di industri pariwisata Indonesia. Selain itu, pelatihan ini juga memfasilitasi partisipasi kelompok-kelompok yang kurang beruntung melalui pelatihan Technical Vocational Education and Training (TVET). Inisiatif ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah desa wisata berkualitas tinggi untuk menarik wisatawan domestik dan internasional.

Program ini dimulai hari ini di Universitas Ciputra, diikuti oleh tiga puluh orang terpilih yang terdiri dari dosen, mahasiswa, UMKM, operator pariwisata, praktisi desa wisata, serta perwakilan dari Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selama lima hari, mereka akan mendapatkan pelatihan intensif yang setelah lulus, akan memenuhi syarat untuk bergabung ke dalam ekosistem Traveloka dan/atau platform Traveloka Xperience sebagai mitra, serta menawarkan produk dan layanan mereka secara global.

Albert, Co-Founder Traveloka, menyatakan bahwa Traveloka berkomitmen untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip tanggung jawab sosial perusahaan dan memajukan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia melalui peningkatan UMKM. “Indonesia memiliki potensi pariwisata kelas dunia yang luar biasa, dan kami senang dapat berkolaborasi dengan Katalis untuk memperluas jangkauan program pelatihan khusus dengan spesialisasi yang spesifik dan strategis ini. Program-program tersebut telah dirancang untuk memberdayakan usaha-usaha di ekosistem pariwisata Indonesia agar mereka dapat menunjukkan nilai-nilai yang ditawarkan Indonesia ke audience global secara efektif,” ujar Albert.

Traveloka sebelumnya telah menyelenggarakan berbagai pelatihan keterampilan digital bagi pelaku usaha di industri pariwisata Indonesia, termasuk program unggulannya, Desa Wisata, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Paul Bartlett, Direktur Katalis, menyatakan bahwa pelatihan terbaru ini merupakan babak baru yang menarik dalam kemitraan mereka dengan Traveloka. “Inisiatif ini akan memperluas model pembelajaran yang telah terbukti bagi para penyedia pelatihan Australia untuk bisa menjangkau ribuan usaha pariwisata kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Kami berharap upaya kolaboratif ini dapat mendorong lahirnya banyak peluang dan pasar baru yang mampu mendukung pertumbuhan industri pariwisata Indonesia dan penyedia pelatihan Australia, serta membentuk kemitraan sejati yang saling menguntungkan,” kata Paul Bartlett.

Inisiatif baru ini juga berpotensi memberikan manfaat bagi bisnis dan komunitas yang dipimpin oleh perempuan, mengingat 55% tenaga kerja di industri pariwisata Indonesia adalah perempuan. Melalui platform Traveloka Xperience, Katalis telah merintis kemitraan komersial dengan berbagai penyedia pelatihan dari Australia, termasuk Melbourne Polytechnic.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here