Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Untuk kedua kalinya, Indomilk menjadi official milk sponsor dalam ajang Jakarta Coffee Week (JCW) 2024 di Hall 5-6 ICE BSD, Tangerang. Adapun keikutsertaan Indomilk di JCW merupakan bagian dari rangkaian penutup acara Indomilk Coffeepreneur Workshop yang sudah berlangsung selama tiga tahun.
Prita Utami, Trade Marketing Manager Food Service PT Indolakto mengatakan, keikutsertaan Indomilk dalam event ini merupakan bagian dari penutup program Coffeepreneur. Ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan pelatihan keberlanjutan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kopi.
“Selain itu, program ini untuk meningkatkan wawasan para pelaku industri kopi mengenai berbagai jenis susu dan aplikasinya dalam menciptakan aneka minuman kopi. Sejak diluncurkan pada 2022, workshop ini telah menjangkau lebih dari 1.000 coffeepreneur dan barista di 27 lokasi berbeda,” papar dia.
Dia memaparkan, Indomilk, produk susu dari PT Indolakto sendiri telah beroperasi di pasar Indonesia selama lebih dari 50 tahun. Indomilk FnB Solutions sendiri menyediakan tujuh kategori produk dairy, termasuk Fresh Milk, Powdered Milk, Sweetened Condensed Milk, Evaporated Milk, Butter, dan Ice Cream. Produk-produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha F&B, khususnya dalam industri kopi, dengan memberikan bahan baku dairy berkualitas tinggi.
Seperti diketahui, setiap jenis minuman kopi memiliki karakter yang berbeda, sehingga dibutuhkan jenis susu yang sesuai. Indomilk Good Milk Fresh Milk adalah pilihan terbaik untuk specialty coffee, sementara Good Milk UHT Full Cream sangat pas untuk minuman kopi dingin. Kedua produk ini tanpa penambahan gula, sehingga lebih sehat.
Tjatur Lestijaman, General Manager Research and Development Indolakto menambahkan, Indomilk Good Milk UHT Full Cream, yang tanpa penambahan gula ini dikenal karena rasa creamy dan teksturnya yang tahan lama, menjadikannya pilihan ideal untuk minuman kopi dingin serta mudah di-frothing untuk minuman kopi panas. Ini menjadi solusi bagi pemilik bisnis kopi yang menghadapi keterbatasan dalam penyimpanan atau akses ke produk susu segar.
“Indomilk Good Milk Fresh Milk sangat cocok untuk menyempurnakan berbagai sajian minuman kopi panas seperti coffee latte. Rasa yang plain dan kemudahan dalam frothing memungkinkan untuk menghasilkan busa yang lentur untuk latte art yang halus,” kata Tjatur.
Di sisi lain, Hendri Kurniawan, Coffee Consultant dan World Certified Coffee Judge, menjelaskan, bahwa Indomilk Good Milk UHT Full Cream adalah pilihan ideal untuk minuman kopi dingin. “Susu ini memiliki karakter yang rich dan creamy, serta tekstur yang tahan lama, sehingga tetap enak meskipun es sudah mencair,” ungkapnya.
Prita pun menambahkan, pasar kopi di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, menciptakan permintaan untuk susu segar berkualitas tinggi. Indomilk berkomitmen untuk menyediakan solusi komprehensif bagi para pelaku usaha F&B, yang mencakup jaringan distribusi yang luas serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memenuhi kepuasan konsumen.
Melalui program-program edukatif dan penyediaan produk berkualitas, dia melanjutkan, Indomilk berkomitmen untuk menjadi solusi dairy bagi pelaku usaha F&B, memperkuat ekosistem kopi di tanah air. Tak hanya itu, Indomilk juga menyediakan Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang sering digunakan dalam kopi tradisional.