Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Incar Segmen Menengah Bawah, Hartadinata Abadi Buka Gadai Emas

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Bisnis gadai adalah salah satu bisnis “zadul” di Indonesia. Praktik bisnis ini menurut Noviyanto Utomo, Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Regional 2 OJK Jawa Barat, sudah ada sejak tahun 1746 ketika Indonesia masih dikuasai VOC.

Meski sudah ada sejak zaman bahuela, literasi masyarakat Indonesia terhadap layanan keuangan ini masih rendah, yakni diangka sekitar 17% berdasarkan survei OJK tahun 2015- 2016. Sementara jika dilihat dari sisi inklusi, angkanya mencapai 12% berdasarkan survei OJK 2019 – 2012. Inklusi adalah melihat berapa besar masyarakat yang ketika disurvei sudah menggunakan jasa keuangan pegadaian.

Adanya peraturan OJK yang mengatur bisnis gadai merupakan bagian dari pengembangan bisnis gadai di Indonesia. “Karena masih ada segmen yang hanya punya ponsel dan giwang emas yang bisa digadaikan. Gadai menjadi alternatif bagai masyarakat yang tidak bisa mengakses perbankan dan perusahaan finance,” tutur Noviyanto saat jumpa pers virtual peluncuran usaha gadai emas milik PT. Gemilang Hartadinata Abadi.

Baca juga: Tabungan Emas Pegadaian Bisa Lewat Shopee

Gemilang Hartadinata Abadi merupakan anak usaha dari  PT Hartadinata Abadi Tbk, produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi. Sebagai pemain baru Gemilang Hartadinata Abadi sudah mengantongi ijin usaha dari OJK untuk menjalankan usaha gadai emas di empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Cuncun Muliawan, Direktur Utama PT. Gemilang Hartadinata Abadi mengatakan, dengan diperolehnya izin usaha gadai dari OJK menandakan keseriusan manajemen dalam mengembangkan lini bisnis gadai.

“Gadai emas adalah bisnis yang sesuai dengan bisnis holding. Keputusan Hartadinata mengembangkan bisnis gadai didasarkan pada kebutuhan ekonomi yang sangat besar, terutama dari kelompok menengah ke bawah, petani, nelayan, serta pemilik UMKM yang memerlukan modal usaha yang cepat dan mudah,” tutur Cuncun.

Agus Mardiko Luhur Budiantoro, Direktur Bisnis dan Operasional PT. Gemilang Hartadinata Abadi menjelaskan, Gadai Hartadinata Abadi menyediakan aneka solusi emas yang dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cepat, mudah, aman dan terpercaya, seperti modal usaha, biaya sekolah maupun biaya pengobatan.

Layanan Gadai Hartadinata Abadi terbagi dalam enam pilihan yaitu Gadai Regular, Gadai Opsional,Karisma, GHA-Fidusia, Jual Beli LM HRTA, dan Jasa Penaksiran.

Gadai Emas

Peluncuran gadai emas Gemilang Hartadinata Abadi

”Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas Gadai Hartadinata Abadi yang menguntungkan, seperti persyaratan yang mudah; jasa titip murah dan tidak memberatkan; barang jaminan aman dan diasuransikan; waktu gadai yang sangat fleksibel (harian, mingguan dan bulanan); layanan ramah, cepat dan bersahabat; serta berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga kepastian hukum dan perlindungan nasabah terjamin,” tutur Agus.

Baca juga: Pegadaian Ajak Masyarakat Berinvestasi Emas Sejak Dini

Hingga saat ini sudah ada 54 unit Gadai Hartadinata Abadi  yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, NTB dan NTT. Sebagaimana dikatakan Agus, tahun ini Gadai Hartadinata Abadi menargetkan membuka 70 gerai gadai emas yang lokasinya tidak hanya di empat provinsi tersebut, namun juga provinsi lainnya.

Hartadinata Abadi tidak ingin pasang target terlalu muluk dari unit usaha barunya. Menurut Sandra Sunanto, Direktur Utama Hartadinata Abadi, perusahaannya menargetkan kontribusi 1-2 persen dari bisnis gadai emas terhadap pendapatan bersih holding.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top