IM Faceplate Media Sosialnya Para Marketer

www.marketing.co.id – Secara tak sengaja, dalam perkembangannya, media sosial memberikan keuntungan bagi para marketer. Kini, telah hadir media sosial yang dengan sengaja dibuat untuk para marketer. Silahkan bangun merek anda di sini!

Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembangunan merek belakangan ini. Maklum, kemampuan media sosial untuk menghubungkan kita dengan teman-teman, keluarga, relasi, dan bahkan pelanggan, tak terbantahkan lagi. Ada begitu banyak artikel yang membahas kehebatan dan cara-cara membangun merek di media sosial ini.

Para marketer sudah pasti membutuhkan media sosial yang dapat membantu membangun merek mereka. Kebutuhan tersebut dibaca oleh Logiscape Technologies Inc. yang selama ini memang telah memfokuskan kegiatan bisnisnya di area internet marketing. Mereka mengembangkan “IM Faceplate”—sebuah media sosial yang khusus didesain untuk para marketer.

Resmi dirilis pada 1 Juli lalu, Logiscape mengklaim media sosial ini sebagai satusatunya yang didesain khusus untuk keperluan kegiatan marketing. Konsep yang diusung IM Faceplate sangat sederhana, yaitu “It’s All About Branding”. Sederhana, tegas, dan jelas.

Kalau dipikir-pikir memang tidak ada hal lain yang dibutuhkan para marketer dari sebuah media sosial, selain kegiatan branding. Jadi, kalau Anda membutuhkan media sosial yang dapat mewakili “wajah” dan menyampaikan pesan Anda, IM Faceplate adalah sebuah pilihan yang sangat patut dipertimbangkan.

Pada dasarnya, IM Faceplate menawarkan elemen yang tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh Facebook maupun Twitter. Penggunanya dapat membuat profil dan memperbarui status mereka. Namun, pembeda paling mencolok dari media sosial lain adalah kemampuannya mengintegrasikan seluruh media sosial yang Anda gunakan selama ini menjadi sebuah halaman yang bicara satu hal, yakni kekuatan merek Anda.

Bukan itu saja, IM Faceplate juga menyediakan sarana untuk mempopulerkan akun Anda. Apa gunanya memiliki profil bagus bila tidak ada yang melihat. IM Faceplate memiliki sarana “Invite Your Friend” yang sangat mudah. Penggunanya dapat memanfaatkan Yahoo address book, misalnya.

Media sosial ini seperti “makhluk mutan” gabungan dari seluruh kekuatan yang dimiliki oleh media sosial lain. Ia memiliki kekuatan jaringan seperti Facebook; sebuah alat koneksi yang cepat dan mudah seperti Twitter; kreator webpage mudah seperti MySpace.

Saat Anda membuat akun di IM Faceplate, Anda langsung dapat mengintegrasikan media-media sosial yang Anda gunakan selama ini. Mulai dari Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, MySpace, hingga Flickr. Anda pun bisa memasukkan alamat situs Anda. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan memasukkan username di tiap media sosial tersebut. Hal ini akan memudahkan para pengunjung akun IM Faceplate mengenal tentang merek Anda lebih jauh.

Keunggulan lain yang dimiliki media sosial satu ini adalah beragamnya modul informatif yang ditawarkan. Misalnya, modul RSS (really simple syndication) yang membuat pengguna dapat langsung memunculkan postingan-postingan blog atau situs miliknya secara realtime. Ada juga modul “Custom List” yang akan memunculkan daftar tautan favorit atau milik pengguna di widget IM Faceplate. Pengguna juga bisa memunculkan widget galeri foto atau video dengan menggunakan fasilitas “Spotlight”.

Menulis adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan branding. Melalui tulisan-tulisan yang dibuat, orang lain dapat mengenal dan memahami karakter sebuah merek. Hanya dengan proses mengenal inilah, sebuah merek dapat menempel di hati para pelanggannya.

Hal ini dipahami sepenuhnya oleh IM Faceplate. Untuk itu, mereka menyediakan fasilitas “Article” yang akan menampilkan tulisan-tulisan penggunanya. Satu hal yang menyenangkan dari fasilitas ini adalah setiap artikel yang diterbitkan akan ditampilkan berdasarkan kategori. Dengan demikian, seluruh pengguna IM Faceplate maupun pengunjung umum dapat membaca artikel-artikel tersebut dengan mudah.

Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan fasilitas ini. Sebagian pengguna media sosial memiliki kecenderungan untuk melakukan copy-paste artikel dari satu media sosial ke media sosial lainnya. Secara etika, tidak ada yang salah dengan hal ini. Toh, bila artikel tersebut milik pribadi, si pemilik dapat memuatnya di beberapa media sekaligus, kecuali bila ada perjanjian tertentu dengan pihak lain sebelumnya.

Namun, perlu diketahui bahwa Google akan melihat secara berbeda kebiasaan tersebut. Dengan mem-posting artikel yang sama di dua tempat berbeda, Google akan menangkap polanya dan memosisikan situs Anda di bawah. Selama ini, Google menyusun peringkat situs berdasarkan lebih dari 200 set kriteria, dan hal tersebut menjadi salah satu yang akan membuat situs Anda di-banned oleh Google, dan membuat peringkatnya berada jauh di bawah. Hal ini sudah barang tentu tidak akan bagus untuk merek Anda.

Jadi, tulislah artikel baru untuk dimuat di IM Faceplate. Tidak ada ruginya untuk Anda, bukan? Atau, strategi lain yang bisa dicoba adalah dengan menulis sebuah artikel baru di IM Faceplate dan Anda dapat menulis sebuah posting berupa teaser artikel tersebut di blog Anda. Hal ini akan lebih baik ketimbang memuat artikel yang sama dua kali.

Fasilitas lain yang dapat dikatakan sebagai bonus bagi penggunanya adalah kesempatan untuk memperoleh pendapatan dari media sosial ini. Para pengguna IM Faceplate berkesempatan mendapatkan komisi dari Clickbank,
peritel produk digital terkemuka.

Clickbank akan memberikan komisi sebesar 50 persen untuk pengguna IM Faceplate standar dan sebesar 100 persen bagi pemilik keanggotaan pro. Mekanisnya kurang lebih seperti ini. IM Faceplate akan secara otomatis memasukkan  iklan Clickbank di akun Anda. Bila Anda anggota standar, iklan yang dimasukkan 50 persen akan menggunakan ID Clickbank Anda, sisanya menggunakan ID IM Faceplate. Bila Anda adalah anggota pro, secara utuh iklan yang ada di akun menggunakan ID Clickbank Anda. Dari sanalah pembagian komisi didasarkan.

Ada banyak keuntungan dan hal menyenangkan lain yang ditawarkan IM Faceplate. Misalnya saja, menu “Option Email Box” yang bisa diintegrasikan dengan situs Auto Responding milik pengguna. Hasilnya akan menjadi media dahsyat bagi para marketer. Selanjutnya, Facepoint akan bertambah bila Anda aktif melakukan update atau respons terhadap akun orang lain.

Namun, di luar seluruh keuntungan yang ditawarkan, para pengguna tetap harus memanfaatkan media sosial ini dengan bijak. Berhati-hatilah menggunakannya dan jangan terjebak oleh kegiatan spamming. Karena, bisa jadi saking semangatnya membangun merek dan melakukan promosi, Anda tergelincir dalam kegiatan spamming yang justru akan menghancurkan merek Anda. Jadi, waspadalah, waspadalah! (Sekar Ayu/DM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.