Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Iklan Terselubung yang Sukses dan Gagal

Pernah menonton sebuah film dengan produk merek tertentu disorot dalam film tersebut? Itu yang disebut movie product placement atau iklan terselubung dalam film. Dengan disorotnya suatu merek dalam sebuah film, diharapkan cara tersebut berdampak baik pada penjualan produknya.

Berikut beberapa iklan terselubung yang sukses menarik perhatian penonton.

Castway untuk FedEx

Penampilan merek FedEx dalam film layar lebar Cast away yang dibintangi oleh Tom Hanks pada tahun 2000 secara teknis bukanlah suatu iklan terselubung karena perusahaan kargo tersebut tidak membayar penampilannya dalam film tersebut. Namun, setelah film tersebut rilis, FedEx mengalami peningkatan signifikan untuk brand awareness-nya di Asia dan Eropa.

Iklan Terselubung yang Sukses dan GagalJamesBondJames Bond untuk BMW

BMW harus membayar sebanyak 3 juta dolar untuk penampilan mobil BMW Z3 di film James Bond tahun 1995. Produsen mobil asal Eropa tersebut melihat peluang mendapatkan 240 juta dolar dari uang muka penjualan saja.

Risky Business untuk Ray-Ban

Film Risky Business yang menjadi hit pada tahun 1983 menampilkan merek kacamata Ray-Ban dalam filmnya. Sebanyak 360.000 pasang kacamata hitam Ray-Ban terjual setelah film tersebut rilis.

Iklan Terselubung yang Sukses dan GagalTopGunTop Gun untuk Ray-Ban

Lagi, Ray-Ban sukses menjual produknya berkat sorotan film. Kali ini Top Gun yang dibintangi Tom Cruise menjadi hit di tahun 1986 dan membawa kesuksesan bagi produk Ray-Ban The Aviator dengan meningkatnya penjualan hingga 40% setelah film dirilis.

Toy Story untuk Etch-A-Sketch

Sorotan film anak-anak Toy Story terhadap mainan papan gambar mekanik buatan Perancis Etch-A-Sketch dalam adegan filmnya membuat peningkatan penjualan produk tersebut hingga 4500%. Penjualan mainan tokoh Toy Story Potato Head juga mengalami pengingkatan hingga 800%.

Iklan terselubung dalam film tak selalu berhasil. Louis Vuitton menuntut pembuat film Hangover karena menyorot produk tas Motard Firebird yang sebenarnya palsu dalam film tersebut. Ada pula film komedi Little Nicky yang dibintangi oleh Adam Sandler menggambarkan Popeye’s Chicken – makanan siap saji – dengan cita rasa payah dalam dua adegan yang terpisah.

Film-film Indonesia sendiri juga sering menampilkan iklan terselubung. Salah satunya yaitu film Ainun & Habibie yang memasukkan produk makanan ringan produksi Garuda Food ke dalam beberapa adegannya  – yang sebenarnya tidak bisa disebut iklan terselubung karena sangat jelas dan terkesan memaksa.

Silakan berikan komentar dan berbagi pengalaman Anda seputar iklan terselubung di kolom komentar

 

Sumber: Businessinsider

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top