Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Iklan itu Penting!

www.marketing.co.id – Sebagai seseorang yang memiliki pendidikan ekonomi, bersekolah di sekolah bisnis dan terlibat dalam perumusan iklan di dunia kerja, saya beropini bahwa iklan itu penting dan sudah menjadi aspek budaya yang penting dalam masyarakat modern.

Saya mengeluarkan pernyataan di atas sebagai respon terhadap quote Will Rogers, “Advertising is the art of convincing people to spend money they don’t have for something they don’t need.”

Bagi saya, iklan saat ini telah memainkan peran penting secara budaya, keuangan dan intelektual dalam peradaban manusia modern. Apa yang dapat menjadi basis opini tersebut?

Konsumen, Perusahaan dan Pariwara

Silahkan Anda cek para literatur bisnis mana pun mengenai pentingnya peran iklan dalam dunia bisnis. Pentingnya peran iklan menjadi penyebab kita melihat iklan di mana pun kita berada, bisa jadi mulai kita bangun tidur, pergi ke sekolah/kantor, buang hajat, hingga kembali tidur. Iklan ada di mana-mana karena salah satu tujuannya adalah meraih konsumen.

Konsumen yang membutuhkan suatu barang/jasa membutuhkan iklan sama seperti perusahaan juga membutuhkan iklan. Iklan adalah sumber informasi yang baik bagi para konsumen potensial yang memerlukan solusi dari masalah yang mereka alami. Melalui iklan, para konsumen mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai solusi yang mereka cari.

Iklan menggambarkan Budaya Bangsa

Iklan sudah menjadi bagian dari identitas bangsa, baik berupa budaya dan tradisi. Iklan dapat membuka pemahaman manusia terhadap perspektif baru dari dunia yang kita diami. Jika ada yang berujar bahwa iklan hanya memromosikan bisnis dan jual beli, opini tersebut benar adanya. Oleh sebab itu, iklan adalah wadah yang sangat penting untuk memromosikan bangsa kita kepada dunia, termasuk di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan propaganda negara.

Mau bukti? Lihatlah negara tetangga kita, Malaysia atau negara RRC yang rutin mengiklankan negara mereka sebagai negara yang besar, indah dan kaya dengan tradisi kepada masyarakat dunia. Efeknya? Salah satunya adalah tingginya kunjungan wisatawan asing ke negara-negara tersebut yang kemudian ikut menambah devisa negara.

Iklan dan Sistem Ekonomi

Pasar iklan di negara Indonesia telah memberikan manfaat positif kepada ekonomi kita dalam berbagai sisi. Mulai dari pemasukan pajak, penciptaan lapangan pekerjaan, hingga hal-hal lainnya yang timbul karena efek berganda dari adanya iklan. Dalam konteks industri, iklan juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan bisnis apa pun.

Kesimpulannya, dari ketiga hal di atas, saya percaya bahwa iklan ikut membantu menggerakkan sebuah negara sekaligus masyarakatnya ke depan. Opini saya bisa jadi akan mengundang perdebatan dan saya akan sangat menghargai penyampaian opini berbeda secara sehat dan intelek. (Andika Priyandana – Dosen Pemasaran di Prasetiya Mulya Business School)
This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top