Ad Madness

Iklan dan Promo dalam Dunia Sarat Data

Relevansi dan Emotional Engagement

Mengembangkan hubungan dengan pelanggan dianggap sebagai hal yang semakin penting, karena ini adalah cara untuk meningkatkan tingkat experience dan engagement kepada konsumen. Perusahaan harus mampu menciptakan engagement dan memberikan experience pi yang berkesan tak hanya di satu tempat, tapi di berbagai media, channel, bahkan lingkungan multi-screen yang kini dialami oleh kebanyakan konsumen.

iklan dan promo

Untuk melibatkan dan memberi pengalaman terbaik kepada konsumen, segala hal yang kita tawarkan haruslah mempunyai relevansi yang kuat dengan kebutuhan mereka, sekaligus mampu memengaruhi mereka secara emosional.

Ini memang tidaklah mudah karena masalahnya adalah bagaimana cara mendorong pelanggan untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin mereka mengklik halaman situs tertentu? Apakah Anda ingin mereka melakukan pembelian dalam jumlah tertentu? Apakah Anda ingin konsumen membeli produk tertentu secara kontinu? Apakah Anda ingin konsumen mereferensikan Anda ke jaringan teman-temannya? Dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, bagaimana menciptakan hubungan emosional antara merek dan konsumen saat Anda menginginkan mereka melakukan sesuatu? Inilah yang bisa dilakukan perusahaan dalam era teknologi yang sarat akan data, jika perusahaan mampu mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan segala data yang ada.

Data memungkinkan kita bisa memahami secara kontekstual bagaimana perasaan konsumen tentang merek kita, bagaimana program loyalitas perusahaan mampu menggerakkan konsumen, apa saja konten yang sebenarnya menarik bagi konsumen? Dan masih banyak lagi. Perusahaan yang mempunyai aset data baik secara internal maupun dari pihak ketiga, akan bisa melakukan banyak hal.

Ivan Mulyadi

MM082016/W

“Konsumen menentukan value dari promosi/iklan yang mereka terima berdasarkan seberapa tingkat relevansinya dengan mereka, dikurangi dengan kadar ‘ketidaknyamanan’ yang mereka alami akibat melihat iklan tersebut.”

 

“Perusahaan yang mempunyai aset data baik secara internal maupun dari pihak ketiga, akan bisa melakukan banyak hal.”

Pages: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top